Sukses

Guru Besar Antropologi UI Ronny R Nitibaskara Meninggal Dunia

Ronny Rahman Nitibaskara dikenal publik setelah menjadi saksi ahli atas kasus pembunuhan berencana yang melibatkan Jessica Kumala Wongso.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari Civitas Akademik Universitas Indonesia. Salah seorang guru besar, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Ronny R Nitibaskara tutup usia.

Kepala Biro Humas dan KIP Universitas Indonesia, Amerlita Lusia menyampaikan ungkapan belasungkawa.

"Universitas Indonesia menyampaikan ucapan turut berduka cita atas kepergian beliau. Semoga mendapat tempat terbaik di sisi-Nya," kata Amerlita dalam keterangan tertulis, Rabu (7/4/2021).

Berdasarkan informasi yang diterima, Ronny R. Nitibaskara dikabarkan menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Hermina Ciputat Rabu, 7 April 2021.

"Semoga Allah menerima segala amal ibadah beliau, mengampuni segala kesalahannya, mengangkat derajatnya dan menjadikan beliau ahli surga serta memberikan kesabaran pada keluarga yang ditinggalkan," tulis pesan siaran yang diterima Liputan6.com.

Ronny Rahman Nitibaskara dikenal publik setelah menjadi saksi ahli atas kasus pembunuhan berencana yang melibatkan Jessica Kumala Wongso.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksi Ahli di Persidangan Kasus Mirna

Dalam biografi yang ditulis Univesitas Indonesia, Ronny Rahman Nitibaskara lahir di Bandung 2 Juli 1943. Dia memiliki keahlian dalam bidang Antropologi. 

Beliau telah menamatkan pendidikan S1 di FISIP UI pada tahun 1970 di jurusan Kriminologi. Gelar Doktor dalam bidang Antropologi telah di raihnya pada tahun 1993 setelah menyelesaikan studinya di FISIP UI jurusan Antropologi dengan Thesis “ Reaksi Sosial  Terhadap Praktek Ilmu Hitam (Teluh) di Banten (suatu pendekatan Antropologi-Kriminologi). 

Telah banyak publikasi-publikasi ilmiah yang dilakukan oleh beliau.  Beberapa dari hasil karya beliau yang diunggulkan adalah Etnografi Kejahatan di  Indonesia, Catatan Kriminalitas, dan Judicial Crime.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.