Sukses

BMKG Ingatkan Siklon Tropis Seroja Bisa Picu Gelombang Mirip Tsunami

BMKG menyatakan, siklon tropis Seroja yang mengakibatkan banjir di Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah bergerak menjauhi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, siklon tropis Seroja yang mengakibatkan banjir di Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah bergerak menjauhi Indonesia. Namun, dia mengingatkan adanya gelombang tinggi seperti tsunami akibat siklon tropis Seroja.

Saat ini, kecepatan siklon tropis Seroja berada di 110 kilometer per jam dan akan semakin meningkat sampai 130 kilometer per jam. Kendati begitu, dampak siklon akan melemah karena sudah bergerak menjauh ke arah barat daya.

"Dampak yang terjadi hari ini hingga sekitar tanggal 7 (April) itu adalah sangat dirasakan. Selain hujan lebat, tapi juga angin yang kencang dan gelombang tinggi. Yang dikhawatirkan, ini mirip tsunami. Jadi gelombang tingginya itu masuk ke barat," kata Dwikorita dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (6/4/2021).

Menurut dia, gelombang tersebut memang tak sama dan tidak sekuat tsunami namun akan masuk ke daratan serta dapat merusak. Ketinggian gelombang yang akan terjadi di NTT diprediksi mencapai 4-6 meter.

"Di perairan di Nusa Tenggara Timur, di Flores, di Laut Sawu di Perairan Selatan Pulau Sumba ini dapat mencapai 4-6 meter gelombang tersebut. Sehingga ini yang perlu diwaspadai juga di perairan dan lautan," kata Dwikorita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siklon Tropis Seroja di NTT Tak Lazim dan Sangat Dahsyat

Dia menjelaskan, siklon tropis Seroja yang terjadi di NTT memanglah tak lazim dan sangat dahsyat. Pasalnya, siklon siklon kali ini masuk ke daratan sehingga menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor di sejumlah wilayah di NTT.

"Yang saat ini mulai berkembang saja sudah kena pulau dan itulah yang membuat lebih dahsyat. Bayangkan kecepatannya saat terbentuk bisa sampai pusarannya 85 km per jam," tutur dia.

Banjir bandang telah menerjang dua desa di Flores Timur pada Minggu (4/4/2021) pukul 01.00 WITA. Selain itu, beberapa wilayah lainnya di NTT juga mengalami hal serupa.

Banjir bandang yang dipicu intensitas hujan tinggi itu menerjang antara lain Desa Nelelamadike di Kecamatan Ile Boleng, Kelurahan Waiwerang dan Desa Waiburak di Kecamatan Adonara Timur, Desa Oyang Barang dan Pandai di Kecamatan Wotan Ulumado serta Desa Waiwadan dan Duwanur di Kecamatan Adonara Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bencana banjir bandang disertai tanah longsor terjadi di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (4/4/2021).

    banjir ntt

  • Bencana banjir bandang disertai tanah longsor terjadi di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (4/4/2021).

    Banjir Bandang NTT

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • NTT

  • Siklon Tropis Seroja