Sukses

Tinjau Banjir Bandang Flores, Doni Monardo: Bencana Datang Tak Kenal Libur

Doni meminta para petugas kebencanaan tidak boleh ada yang mengeluh, meski bencana datang secara bertubi-tubi.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo bertolak ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal itu dilakukan guna meninjau langsung kondisi bencana banjir bandang di dua desa di Flores Timur.

"Bencana tidak mengenal hari libur, petugas kebencanaan harus senantiasa siaga," kata Doni saat memberi arahan kepada timnya sebelum lepas landas menuju lokasi dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Senin (5/4/2021).

Doni juga menambahkan, tidak boleh ada keluh kepada para petugas kebencanaan. Meski bencana datang secara bertubi.

"Jika harus melakukan perjalanan maraton atas nama penanggulangan bencana," tegas Doni.

Ditambahkan oleh Tenaga Ahli BNPB, Egy Massadiah, maraton peristiwa bencana bukan kali pertama. Dia mengatakan, tinjauan langsung sudah menjadi kegiatan yang kerap dilakukan BNPB jika terjadi hal serupa meski baru saja kembali ke Ibu Kota. 

"Kami harus melakukan perjalanan maraton satu daerah ke daerah lain. Setelah kembali ke Jakarta, tak lama berselang harus bertolak lagi ke lokasi bencana yang baru. Nah, itu yang terjadi pagi ini,” jelas Egy.

Diketahui sebelum bertolak ke Flores hari ini, baru saja BNPB melakukan serangkaian kunjungan terkait kebencanaan dan penanganan Covid. Sejak hari Selasa (30/3/2021) hingga Sabtu (3/4/2021). 

"Mulai dari Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, berlanjut ke Mamuju, dan Palu. Esok harinya menuju Surabaya, lalu Bali. Sabtu kembali ke Jakarta, Minggu malam stand by di Halim untuk bertolak meninjau banjir bandang di Pulau Adonara, Flores Timur, NTT,” kata Egy.

Sejatinya perjalanan ke NTT, lanjut Egy, dilakukan saat kemarin malam. Namun berhubung cuaca di lokasi tujuan tidak memungkinkan, maka perjalanan diundur menjadi pagi ini, pukul 05.00 WIB.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tinjau Penanganan Covid-19

Seperti diketahui, banjir bandang telah menerjang dua desa di Flores Timur pada Minggu (4/4/2021) pukul 01.00 WITA. Selain itu, beberapa wilayah lainnya di NTT juga mengalami hal serupa.

Banjir bandang yang dipicu intensitas hujan tinggi itu menerjang antara lain Desa Nelelamadike di Kecamatan Ile Boleng, Kelurahan Waiwerang dan Desa Waiburak di Kecamatan Adonara Timur, Desa Oyang Barang dan Pandai di Kecamatan Wotan Ulumado serta Desa Waiwadan dan Duwanur di Kecamatan Adonara Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.