Sukses

Cerita Gubernur DKI Anies Baswedan Kunjungi Masjid Taj Mahal Mini di Sunter

Anies mengaku dirinya sempat singgah ke masjid tersebut setelah berkeliling menggunakan sepeda di kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara, pada Jumat, 2 April kemarin.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan kekagumannya mengenai filosofi Masjid Ramlie Musofa atau biasa kenal sebagai Taj Mahal Mini di Sunter, Jakarta Utara.

Hal tersebut disampaikan Anies berdasarkan unggahan dalam akun Instagram @aniesbaswedan yang dikutip Liputan6.com pada Sabtu (3/4/2021).

Anies mengaku dirinya sempat singgah ke masjid tersebut setelah berkeliling menggunakan sepeda di kawasan Danau Sunter, Jakarta Utara, pada Jumat, 2 April kemarin. 

"Jika Taj Mahal melambangkan cinta Raja Shah Jehan dari Kerajaan Mughal kepada sang istri, Mumtaz Mahal. Maka Masjid Ramlie Musofa ini melambangkan cinta sang pendirinya, Bapak Haji Ramli Rasidin, seorang mualaf beretnis Tionghoa, pertama kepada Allah SWT, kedua kepada Islam, ketiga kepada keluarga," kata Anies dalam unggahan tersebut.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan nama masjid tersebut merupakan gabungan nama awal Ramli Rasidin dan sang istri Lie Njok Kim.

Sedangkan kata Mustofa diambil dari suku kata awal pada nama anaknya, yakni Muhammad, Sofian, dan Fabian.

Lanjut Anies, keberadaan masjid tersebut diharapkan keluarga mampu membuat banyak orang dapat mengenal Islam.

"Diriwayatkan anak keduanya Sofian Rasidin berharap keberadaan masjid ini mampu membuat lebih banyak orang mengenal Islam, terutama dari etnis tionghoa," papar dia. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tertarik dengan Suara Merdu Imam Masjid

Anies juga menyatakan untuk penulisan nama masjid dan surah Al Fatihah digrafier sepanjang sisi tangga masuk menggunakan bahasa tionghoa.

Hal itu bertujuan agar lebih banyak masyarakat tionghoa yang dapat membacanya dan memahami maknanya.

"Bapak Ramli sendiri telah berpulang Agustus tahun lalu. Namun, Insya Allah Masjid ini akan dicatat sebagai amal jariyah beliau yang pahalanya terus mengalir dan memberi syafaat di yaumul akhir," ucapnya.

Tak hanya itu, Anies pun mengaku dirinya sangat tertarik dengan suara merdu dari imam masjid tersebut. Dia memang menyempatkan menjalankan salat agrib berjamaah.

"Saya langsung bertemu dengan sang imam, yang tak disangka masih muda, baru 22 tahun. Namanya Ikhwan Fauzul Alawy, pemuda asal Sawahpeuteuy, Desa Pancasura, Kec Singajaya Kabupaten Garut ini baru menjadi Imam Masjid Ramlie Musofa sejak November lalu," papar Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.