Sukses

Ridwan Kamil dan Stafsus Billy Mambrasar Dorong Peran Milenial Memajukan Bangsa

Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar menyampaikan bahwa prestasi yang telah diraih oleh Jawa Barat ini tentunya harus diikuti oleh provinsi lain.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi salah satu pembicara utama dalam Webinar Pemulihan Ekonomi Nasional seri ketiga yang bertemakan Milenial Tonggak Pertumbuhan dan Pemerataan Investasi. Dalam pemaparannya, dia menyampaikan apresiasi terhadap peran anak muda Indonesia dalam mempercepat pembangunan Indonesia. Salah satunya adalah di sektor ekonomi dan Invetasi.

"Tahun 2045, Indonesia akan jadi negara terhebat nomor tiga atau nomor 4 di dunia. Milenial yang akan jadi penggerak utama Indonesia menuju hal tersebut dengan tiga syarat, yaitu apabila Indonesia menjadi negara yang berdemokrasi, dalam suasana damai, serta kondusif," ujar Ridwan Kamil dalam webinar yang diselenggarakan BKPM berkolaborasi dengan Yayasan Kitong Bisa, Kamis (1/04/2021).

"Secara global, generasi milenial Indonesia juga harus berani berkompetisi dengan pemuda lain dari berbagai penjuru dunia," imbuh dia.

Dalam sektor Investasi, lanjut Ridwan Kamil, Jawa Barat merupakan provinsi dengan capaian realisasi investasi PMA Nasional tertinggi yakni sebesar 16,9%. Dengan total hampir 50 juta penduduk, jumlah produktif di provinsi Jawa Barat berada di angka 40 juta.

"Prestasi ini tentu tidak terlepas dari kerja sama semua pihak, yakni mulai dari pemerintah provinsi hingga setiap lapisan masyarakat, termasuk generasi muda," ujar dia.

Sementara itu, Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar menyampaikan bahwa prestasi yang telah diraih oleh Jawa Barat ini tentunya harus diikuti oleh provinsi lain, terutama Papua dan Papua Barat agar pemerataan investasi berhasil terealisasi.

"Tingkat efisiensi di Jawa Barat paling bagus di antara provinsi lainnya. Bahkan, Jawa Barat merupakan provinsi dengan produktivitas human capital tertinggi. Hal ini juga tidak terlepas dari infrastruktur yang sangat baik," ujar Billy yang juga merupakan narasumber dalam webinar ini.

"Untuk itu saya sangat mendorong Provinsi Papua dan Papua Barat agar dapat banyak belajar dari provinsi Jawa Barat, utamanya dalam peningkatan infrastruktur di Papua dan Papua Barat," imbuh dia.

Ridwan Kamil dan Billy Mambrasar dalam webinar tersebut menyatakan mendukung program ketahanan pangan Nasional, dengan mendorong keterlibatan pemuda dan pemudi Indonesia menjadi penggerak sektor pertanian ini.

Harapannya, peran milenial nantinya tidak hanya untuk mensuplai kebutuhan pangan nasional tetapi juga berorientasi pada ekspor dan pemenuhan kebutuhan pangan global.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Petani Milenial

Seperti diketahui, baru-baru ini Gubernur Ridwan Kamil meluncurkan program Petani Milenial di wilayah Jawa Barat, dan Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar meluncurkan juga program 100,000 Petani Milenial, bersama Menteri Pertanian Indonesia, di level nasional.

Dalam webinar yang diselenggarakan oleh kolaborasi BKPM dan Yayasan Kitong Bisa ini, turut hadir juga pembicara lainnya yaitu Direktur Fasilitasi Promosi Daerah BKPM RI Saribua Siahaan, Achmad Royadi selaku Kepala Divisi Hubungan Investor PT Bank Rakyat Indonesia, Founder dan CEO LSPR Communication and Business Institute Prita Kemal Gani, dan Kepala Hubungan Investor PT Transkon Jaya Geraldine Simanjuntak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.