Sukses

KPAI: Pastikan Pencegahan Berlapis Jika Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli

Apabila sekolah akan melakukan PTM pada awal tahun ajaran baru 2021/2022 meskipun pandemi Covid-19 belum berlalu, harus dilakukan persiapan yang matang.

Liputan6.com, Jakarta Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta sekolah untuk mempersiapkan diri apabila pelayanan pembelajaran tatap muka dibuka kembali. Hal itu terkait dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang telah memberikan sinyal sekolah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mulai Juli mendatang.

Komisioner KPAI Retno Listyarti mengatakan, apabila sekolah akan melakukan PTM pada awal tahun ajaran baru 2021/2022 meskipun pandemi Covid-19 belum berlalu, harus dilakukan persiapan yang matang.

"Tentunya harus didukung beberapa persiapan seperti pemberian vaksin Covid-19 bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Serta dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat," ujar Retno dalam keterangannya, Sabtu (3/4/2021).

Retno mengungkapkan, sebelumnya Kemendikbud mengumumkan sebanyak 14 provinsi dinyatakan telah siap menjalankan sekolah tatap muka

"14 provinsi tersebut adalah Jawa Barat, DI Yogyakarta, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Maluku Utara, Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Barat," terang Retno.

Dia menjelaskan, dari 14 provinsi tersebut mayoritas berada di luar Jawa. Bahkan Provinsi Sulawesi Barat yang baru saja mengalami bencana alam gempa bumi juga termasuk yang dinyatakan siap.

Selain itu, bukti menunjukkan banyak sekolah di berbagai negara membuka sekolah dengan menerapkan strategi pencegahan secara ketat dan dapat membuka dengan aman pembelajaran tatap muka.

"KPAI mendorong adanya penerapan strategi pencegahan berlapis yang konsisten untuk mengurangi Covid-19 di satuan pendidikan. Penyiapan jauh lebih penting dipastikan," ucap Retno.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemantauan Lapangan

Retno juga menuturkan, KPAI mendorong dasar pembukaan sekolah tatap muka tidak hanya kesiapan dalam pengisian aplikasi di laman Kemendikbud, namun ada pemantauan lapangan untuk memastikan kesiapan sekolah dan daerah.

"Pemantauan dapat dilakukan oleh LPMP di setiap provinsi yang merupakan kepanjangan tangan Kemendikbud di daerah. Dari pengawasan KPAI, hal ini belum maksimal," pungkas Retno.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.