Survei SMRC: Ganjar Pranowo Calon Paling Potensial di Pilpres 2024

Oleh Delvira Hutabarat pada 01 Apr 2021, 17:33 WIB
Diperbarui 01 Apr 2021, 17:44 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Perbesar
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan 2021. (Liputan6.com/ Ist)

Liputan6.com, Jakarta Lembaga Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) hari ini merilis hasil penelitian yang dilakukannya pada 28 Februari sampai 8 Maret 2021. Salah satunya menyoroti calon potensial pada Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas mengatakan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo calon potensial pada Pilpres 2024. Meskipun, harus didukung oleh tingkat popularitasnya.

Menurut dia, hanya terdapat tujuh tokoh yang dikenal lebih dari 50% oleh warga, yakni Prabowo Subianto 96%, Sandiaga Uno 83%, Anies Baswedan 81%, Agus Harimurti Yudhoyono 66%, Ridwan Kamil 62%, Puan Maharani 61%, dan Ganjar Pranowo 54%.

"Di antara responden yang mengenal nama tujuh tokoh tersebut, ditanya siapa yang akan dipilih menjadi presiden. Ternyata nama Ganjar selalu berada di peringkat teratas, bila nama Jokowi tidak disertakan," kata Sirojudin dalam rilis yang dilakukan secara daring, Kamis (1/4/2021).

Dalam simulasi semiterbuka 15 nama, nama Ganjar mendapatkan dukungan 20,8% sebagai calon terkuat di Pilpres 2024. Di bawahnya menyusul nama Gubernur DKI Anies Baswedan dengan 15,7%, lalu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 14,2%.

Kemudian ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 7,9%, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uni dengan 7,2%, Ketua Umum Demokrat AHY 2,95, dan Ketua DPR RI Puan Maharani 1,6%.

Abbas menyimpulkan, bila setiap capres dikenal oleh masyarakat, saat ini diperkirakan kandidat yang paling tinggi potensinya memenangkan pertarungan adalah Ganjar. Meski diingatkan perlu kerja keras untuk menaikan popularitas politisi PDIP ini agar benar-benar bisa meraih suara di Pilpres 2024.

"Namun itu tentu membutuhkan kerja ekstra dari tim Ganjar untuk meningkatkan popularitasnya atau kedikenalannya yang masih relatif lebih rendah dibandingkan calon-calon lainnya," kata dia.

Adapun survei ini dilakukan dengan melibatkan 1.064 responden yang dipilih secara random (acak) dan diwawancara secara tatap muka. Margin of error penelitian adalah ± 3,07%.

 

2 dari 3 halaman

PDIP Serahkan kepada Megawati soal Capres 2024

Sekjen Partai PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan partainya sudah memiliki mekanisme sendiri dalam penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024. Yaitu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri lah yang akan menetapkan pasangan calon.

"Pilpres sudah ada mekanismenya, pasangan calon Ibu Megawati yang akan tetapkan," kata Hasto di Jakarta, Selasa (30/3/2021).

Menurut Hasto yang paling penting dilakukan adalah bekerja keras menyiapkan seluruh jajaran struktur partai, konsolidasi untuk mendapatkan elektoral partai tertinggi. Selain itu, proses kaderisasi partai harus terus berjalan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓