Sukses

Jokowi Resmikan Jalan Tol Baru, Akses ke Bandara Soekarno-Hatta Semakin Mudah

Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan jalan Tol Serpong-Cinere ruas Serpong-Pamulang dan jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, Kamis (1/4/2021). Jokowi mengatakan keberadaan jal tol ini sangat dinantikan masyarakat karena dapat mempermudah akses masyarakat yang ingin ke Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten.

"Jalan tol ini sangat dinantikan masyarakat, terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan karena bisa menjadi alternatif, khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta," jelas Jokowi di Gerbang Tol Pamulang, Kamis (1/4/2021).

Menurut dia, jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II. Jokowi mengatakan jalan tol yang baru diresmikan ini akan melancarkan mobilitas masyarakat sehingga dapat mengurai kemacetan yang selama ini menumpuk di DKI Jakarta.

"Jalan tol ini akan melancarkan mobilitas masyarakat, memecahkan kemacetan lalu lintas yang selama ini menumpuk di kota Jakarta dan melancarkan mobilitas komuter baik Jakarta maupun kota-kota lain di sekitar Jakarta," kata dia.

Selain itu, dia meyakini keberadaan jalan tol tersebut mampu melancarkan distribusi barang ke berbagai kawasan. Dengan begitu, akan menghemat waktu tempuh dan menurunkan biaya logistik.

Jokowi menuturkan jalan Tol Serpong-Cinere dan jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran bukan hanya menghubungkan antarwilayah atau antardaerah. Namun, juga meningkatkan daya saing daerah serta membangkitkan ekonomi di kawasan sekitarnya.

"Dan mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru dan juga mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi yang produktif," tutur Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Ruas Jalan Tol

Seperti diketahui, Jalan Tol JORR 2 terbagi menjadi 6 ruas, yaitu Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,19 Km), Jalan Tol Kunciran-Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong-Cinere (10,14 Km). Lalu, Jalan Tol Cinere-Jagorawi (14,64 Km), Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (25,39 Km), Jalan Tol Cibitung-Cilincing (34,02 Km).

Kemudian, Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sendiri sepanjang 14,19 Km terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran-Tirtayasa) sepanjang 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa-Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km. Serta Seksi III (Benteng Betawi-H Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan yang terakhir Seksi IV (H Sastranegara-SS Benda) sepanjang 2,06 Km.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.