Sukses

Menhub: Perekam Suara Kokpit Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan Cockpit voice recorder (CVR) atau perekam suara kokpit pesawat Sriwijaya Air SJ182 telah ditemukan pada Selasa (30/3/2021).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan Cockpit voice recorder (CVR) atau perekam suara kokpit pesawat Sriwijaya Air SJ182 telah ditemukan pada Selasa (30/3/2021)

“Alhamdulillah semalam jam 20.00 (CVR) ditemukan di tempat yang tidak jauh dari ditemukan FDR,” kata Menhub di Terminal JITC, Tanjung Proiok, Rabu (31/3/2021).

Menhub menyatakan temuan tersebut akan segera diberikan pada KNKT untuk diteliti. “Secara teknis kami sudah melapor ke Pak Presiden, kami segera berikan ke KNKT,” ucapnya.

Ditemukannya CVR Sriwijaya Air tersebut, menurut Budi, akan melengkapi informasi yang sebelumnya telah ada di FDR.

“Yaitu pembicaran pilot dan copilot dan itu akan melengkapi data,”ujarnya.

“Yang kita temukan hari ini kita sampaikan puji syukur pada Tuhan, apa yang ditemukan itu adalah upaya untuk mendapatkan data lebih baik,” tambahnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencarian Cukup Sulit

Pencarian CVR menurut Budi cukup sulit lantaran banyaknya puing pesawat dan lumpur. “Apa yang dilakukan tidak mudah karena didahului kita mencari secara teknis di mana penyelam ke dasar laut, tapi banyak sekali puing-puing, sehingga metode diubah,” pungkasnya.

Sebelumnya, CVR black box pesawat Sriwijaya SJ182 sebelumnya masih dalam pencarian dan disebut terpecah menjadi beberapa bagian saat pesawat jatuh.

CVR diperlukan untuk investigasi penyebab kecelakaan Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.