Sukses

Geledah Rumah Terduga Teroris di Bekasi-Condet, Polisi Temukan Bom dan Bahan Peledak

Empat terduga teroris terjaring dalam operasi yang digelar Densus 88 Antiteror di Jakarta pada Senin (29/3/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Empat terduga teroris terjaring dalam operasi yang digelar Densus 88 Antiteror di Jakarta pada Senin (29/3/2021). Selain menangkap terduga teroris, polisi turut menyita sejumlah bom dan berbagai bahan peledak.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, empat terduga teroris adalah ZA, AA, AJ, dan DS diamankan di beberapa lokasi di Jakarta.

"Mereka sudah kita amankan, perannya ada yang membeli bahan, ada yang mengajarkan, ada juga yang membuat handak dan yang siap menggunakan bahan tersebut," kata Listyo di Polda Sulsel, Senin (29/3/2021).

Tak berhenti sampai di situ, polisi juga menggerebek dua rumah di Jakarta Timur dan Bekasi yang diduga sebagai tempat persembunyian terduga teroris.

Listyo menyebut, Densus 88 Antiteror mendapati lima bom aktif dan beberapa bahan peledak.

"Kita temukan barang bukti 5 bom aktif jenis bom sumbu yang siap digunakan, kemudian 5 toples besar yang di dalamnya berisi aseton, H2O2, HCL, sulfur, serta termometer. Bahan-bahan ini akan diolah menjadi bahan peledak. Jumlahnya kurang lebih 4 kilogram. Kemudian ditemukan bahan peledak yang sudah jadi jenis TATP dengan jumlah 1,5 kilogram," papar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyisir Lokasi

Listyo menerangkan, penangkapan terduga teroris di Jakarta ini dilakukan pascaaksi teror bom di Makassar.

Saat ini, Listyo menyebut tim masih menyisir beberapa lokasi untuk menangkap kelompok teror lain.

"Mudah-mudahanan dalam waktu cepat bisa segera kita amankan," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.