Sukses

Pertamina Pastikan Kebutuhan Logistik Pengungsi Kebakaran Kilang Balongan Terpenuhi

Pertamina memastikan kebutuhan logistik pengungsi kebakaran kilang minyak Balongan terpenuhi. Setidaknya, hampir 1.000 warga sekitar lokasi kejadian kebakaran diungsikan ke tiga lokasi berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina memastikan kebutuhan logistik pengungsi kebakaran kilang minyak Balongan terpenuhi. Setidaknya, hampir 1.000 warga sekitar lokasi kejadian kebakaran diungsikan ke tiga lokasi berbeda.

Sebanyak 200-an warga diungsikan di Pendopo Kabupaten Indramayu, sekitar 400 warga di Islamic Center Indramayu. Kemudian, sekitar 350 warga di GOR Perumahan Bumi Patra.

"Pertamina juga tengah mengupayakan berbagai bentuk bantuan untuk memenuhi kebutuhan warga di pengungsian," kata Corporate Secretary Subholding Refining dan Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya dalam siaran persnya, Senin (29/3/2021).

Dia mengatakan warga yang diungsikan berasal dari desa Balongan yang merupakan desa yang berlokasi paling dekat dengan tempat kejadian. Pertamina bekerjasama dengan pemda Kabupaten Indramayu untuk membantu penyediaan logistik dan konsumsi bagi warga di pengungsian.

"Selain itu, Pertamina juga menyiapkan terpal serta kebutuhan warga lainnya di pengungsian," ujarnya.

Ifki menyebut bahwa pihaknya sudah menyiapkan kelengkapan pencegahan Covid-19 di lokasi pengungsian. Selain itu, lokasi pengungsian juga dipastikan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Di tempat pengungsian, Pertamina menyiapkan kelengkapan pencegahan Covid-19 berupa masker dan hand sanitizer, serta memastikan warga tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid," jelas Ifki.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masih Dipadamkan

Sementara itu, upaya pemadaman masih terus berlangsung. Pertamina mendatangkan tim HSSE (Health Safety, Security and Environment) dari unit kilang terdekat yakni, Kilang Pertamina Cilacap.

Kemudian, Pertamina EP, Kilang Pertamina Plaju serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Indramayu untuk segera mengupayakan pemadaman kebakaran tangki kilang.

Sebelumnya, Tangki T-301G Kilang Balongan milik Pertamina di Indramayu, Jawa Barat terbakar pada 29 Maret 2021 mulai sekitar pukul 00.45 dini hari. Pertamina belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran di Kilang Balongan, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

Kobaran api terlihat besar dan kepulan asap hitam membumbung tinggi. Beberapa petugas pemadam berupaya memadamkan api yang kian membesar di Kilang Balongan. Ledakan begitu keras dan membuat warga yang berada dekat lokasi kejadian berlarian menyelamatkan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.