VIDEO BERANI BERUBAH: Antara Sopir, Sepeda dan Kopi

Oleh Chandra Bayu Witantra pada 29 Mar 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 29 Mar 2021, 06:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta Ketut Astika atau akrab disapa Ketut Mayong adalah seorang supir travel sekaligus tour guide di Bali yang merasakan dampak pahit dari pandemi Covid-19. Ketika pandemi menghantam, seluruh usaha pariwisata otomatis mati dan Ketut pun tak berkutik.

Tak ada turis berarti tak ada penghasilan. Tak ingin berdiam diri, Ketut lantas mencari cara agar tetap bisa menyambung hidup keluarganya. Dia pun akhirnya memutuskan untuk berjualan kopi di jalanan.

Namun, kopi yang dijualnya bukan sembarang kopi asal seduh. Menggunakan keahlian meracik ala barista, Ketut membuat konsep baru dan unik dalam berjualan kopi di jalan. Kopi buatannya dimulai dari biji kopi yang harus digerus terlebih dahulu. Persis seperti cara pembuatan kopi di kafe-kafe.

Meski begitu, dia tetap menjual dengan harga yang terjangkau. Berbekal sepeda gayung yang sudah dimodifikasi agar bermeja dan bisa memanaskan air, Ketut menjual kopi racikannya yang tak kalah kualitas dengan kopi di kafe mahal. Selain itu, konsep berjualannya yang unik juga menarik banyak perhatian pelanggan.

Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan 6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ingin tahu cerita lengkapnya, simak dalam video berikut ya.