Sukses

Tahun Ekonomi Kreatif, Megawati: Jangan Takut Berkarya Buktikan Indonesia yang Terbaik

Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri mengingatkan bahwa 2021 adalah tahun ekonomi kreatif. Ia mendorong generasi muda membuktikan karya buatan negeri sendiri adalah yang terbaik di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri mengingatkan bahwa 2021 adalah tahun ekonomi kreatif. Ia mendorong generasi muda membuktikan karya buatan negeri sendiri adalah yang terbaik di dunia.

Hal ini disampaikannya saat menjadi keynote speaker dalam acara pagelaran Exotic Journey to Nusantara, secara virtual pada Sabtu (27/3/2021).

"Mulai tahun 2021 ini yang merupakan tahun ekonomi kreatif, menuju tahun 2045, yaitu Peringatan Satu Abad Kemerdekaan Indonesia, saya dorong generasi muda untuk kedepankan karya dan buktikan ke dunia bahwa Made in Indonesia adalah karya terbaik. Jangan takut berkreasi," kata Megawati.

Menurut dia, target itu sangat bisa dilakukan. Pasalnya, beberapa tahun terakhir, komunitas internasional mengakui bahwa Indonesia bersama Korea Selatan dan Amerika Serikat adalah Top Three Countries yang memiliki kontribusi ekonomi kreatif terbesar bagi perekonomian nasional. "Ini suatu capaian baik. Tetapi capaian yang baik seyogyanya kita pertahankan, jangan lengah," ungkap Megawati.

Megawati lantas menyinggung soal keberadaan Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI. Para pelaku ekonomi kreatif diminta agar memperhatikan ini. Perangkat hukum berupa Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta pasal 40 ayat 1 sudah mengaturnya.

"Saudara-audara para pengrajin, jangan sampai karya-karya tersebut lalu diklaim oleh pihak asing hanya karena keteledoran kita untuk memahami hukum," katanya.

Dia memberi contoh, di bulan Februari 2020, ada kabar gembira dari pemerintah daerah Bali yang mencanangkan perlindungan kekayaan intelektual komunal untuk Tenun Endek dalam rangka kerjasama dengan rumah mode terkemuka di Paris.

"Kini, saya, Megawati, ijinkan menyampaikan, pemuda dan pemudi, guncangkan dunia dengan kreativitasmu dan karyamu. Tak lupa daftarkan karyamu untuk menerima perlindungan hukum," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerjasama dengan Korea Selatan

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi, mengatakan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan bangga memperkenalkan sebagian keanakeragaman budaya Indonesia melalui pagelaran Fashion Show karya Samuel Wattimena bertajuk "An Exotic Journey to Nusantara secara virtual.

Kegiatan ini menurut Umar adalah upaya mempromosikan kolaborasi antara Indonesia dan Korsel di bidang ekonomi kreatif.

"Kita juga sangat terhormat mendapatkan kesempatan mendengarkan Megawati Soekarnoputri Presiden V RI dalam keynote speech. Megawati selelu punya perhatian khusus kepada ekonomi kreatif dan budaya Indonesia. Dan beliau punya hubungan khusus dengan Korsel,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.