Sukses

4 Fakta Menarik soal Kakek Wirjawan Terima Vaksinasi Covid-19 di Usia 104 Tahun

Wirjawan Hardjamulia, kakek berusia 104 tahun menjadi lansia peserta tertua yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Vania, Bogor.

Liputan6.com, Jakarta - Satu abad lebih kini usianya. Meksi begitu hal tersebut tak menyurut langkahnya untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 yang tengah digencarkan pemerintah. Sosok itu adalah Wirjawan Hardjamulia, warga Bogor yang berusia 104 tahun.

Siapa sosok sang kakek, sempat beredar kabar jika dia merupakan ayah dari novelis Marga T dan dokter Indryati, alumni Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara. 

"Yang saya tahu beliau ayah dokter Pardewi Indryati," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno saat dihubungi melalui pesan singkat yang diterima Liputan6.com.

Namun, siapa pun dia, keputusannya untuk menerima vaksin Covid-19 diapresiasi oleh banyak pihak mengingat usianya yang sepuh. Salah satunya datang dari Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono.

"Meskipun sudah berusia lebih dari 1 abad, dalam kondisi sehat dan diperbolehkan untuk dilakukan vaksinasi Covid-19," kata Dante.

Berikut sederet cerita dari kakek berusia 104 Tahun bernama Wirjawan yang menerima vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Vania, Kota Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 23 Maret 2021 lalu:

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sehat di Usia Lebih dari Seabad

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno menerangkan, kakek yang memiliki nama lengkap Wirjawan Hardjamulia menjadi lansia penerima vaksin Covid-19 tertua.

"Iya betul lansia tertua usia 104 tahun 3 bulan 13 hari," kata Sri Nowo dalam keterangannya, Kamis, 25 Maret 2021.

Dalam keterangan resmi Rumah Sakit Vania yang dikirim langsung Kadinkes Kota Bogor, Wirjawan lahir di Tangerang, 10 Desember 1916.

Rumah Sakit Vania memang ditunjuk oleh Pemerintah Kota Bogor sebagai salah satu RS pelaksana kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Kota Bogor. Dia datang didampingi anaknya, dr Pardewi Indryati.

Sama seperti peserta vaksin lainnya, Wirjawan juga diperiksa kondisi kesehatan. "Kondisi beliau sehat meski usia sudah se-abad lebih," ujar dia.

Sri Nowo menyampaikan, dr Renol yang melakukan skrining menyatakan kakek Wirjawan memenuhi syarat untuk dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19.

"Sehingga lolos ke meja 3 untuk suntik vaksin Covid-19 yang dilakukan oleh dr. Joshua Patrick," ucap dia.

3 dari 5 halaman

Antusias Disuntik

Saat penyuntikan, Wirjawan sangat antusias dan bersemangat. Dia bahkan bercanda tawa saat kegiatan penyuntikan sehingga semua tenaga kesehatan yang ada tersenyum dan tertawa.

Selesai vaksin, sang kakek menunggu 30 menit untuk observasi pascavaksin dengan didampingi putrinya dr Indri.

Pada kesempatan tersebut, Sri juga menjelaskan, vaksinasi Covid-19 untuk lansia adalah program pemerintah untuk usia di atas 60 tahun. Oleh karena itu, pihaknya mengajak dan mengundang masyarakat umum yang di usia 60 tahun ke atas untuk mendukung program vaksinasi Covid-19 ini dengan menerapkan 5 M.

"Jangan khawatir untuk divaksin Covid-19. Seluruh penerima vaksin Covid-19 ini semua baik dan tanpa merasakan efek samping atau gejala apapun," ujarnya.

4 dari 5 halaman

Rahasia Umur Panjang Kakek Wirjawan

Wirjawan Hardjamulia bersama putrinya menyambangi RS Vania pada Selasa, 23 Maret 2021. Berbagai tahapan dilaluinya sebelum memperoleh vaksin Covid-19.

Dalam keterangan tertulis Rumah Sakit Vania yang dikirim langsung Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno, Wirjawan dinyatakan dalam kondisi sehat sehingga layak menerima suntikan vaksin Covid-19.

Putrinya, dr Pardewi Indryati pun menceritakan rahasia sang ayah yang tetap sehat meski usianya sudah se-abad lebih.

Menurut dia, semasa muda sampai sekarang selalu berpikiran positif terhadap orang lain dan senang membantu sesama, serta olahraga, dan istirahat teratur.

"Anaknya dr Indri yang saat ini berusia 73 tahun menceritakan bagaimana pola hidup dan rutinitas ayahnya sehingga masih sehat dan panjang umur," demikian keterangan yang dikutip dalam rilis tersebut, Kamis, 25 Maret kemarin.

5 dari 5 halaman

Diapresiasi Wamenkes

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono sempat mengapresiasi seorang lanjut usia (lansia) bernama Wirjawan Hardjamulia.

Dalam kesempatan tersebut, Dante memuji Wirjawan yang masih menerima vaksinasi COVID-19 meski usianya sudah 104 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.