Sukses

UTBK SBMPTN, Pemegang KIP Kuliah Hanya Boleh Pilih Prodi PTN Lingkungan Kemdikbud

LTMPT menjelaskan, peserta UTBK SBMPTN 2021 pemegang KIP Kuliah tak diperkenankan memilih jurusan di luar program studi di perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kemdikbud.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menjelaskan, peserta UTBK SBMPTN 2021 pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah) tak diperkenankan memilih jurusan di luar program studi di perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Termasuk juga di PTN Islam.

"Dalam pendaftaran UTBK SBMPTN 2021, pemegang nomor pendaftaran KIP Kuliah hanya boleh memilih Program Studi (Prodi) di PTN lingkungan Kemdikbud," tulis LTMPT melalui akun media sosial instagram resminya, Kamis (25/3/2021).

LTMPT menjelaskan, bagi pemegang Nomor Pendaftaran KIP Kuliah yang memilih prodi di PTKIN/ UIN pada saat melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 dan sudah permanen, apabila lolos dan dinyatakan diterima di prodi PTKIN/UIN, maka mengacu pada poin 1, status sebagai pemegang nomor pendaftaran KIP Kuliah dinyatakan tidak berlaku.

Untuk itu, pemegang KIP Kuliah diminta mencermati pemilihan prodi saat mendaftar UTBK SBMTN 2021.

"Peserta pemegang nomor pendaftaran KIP Kuliah diimbau untuk mencermati pilihan prodi pada saat melakukan pendaftaran UTBKSBMPTN 2021 agar status sebagai pemegang nomor pendaftaran KIP Kuliah tetap berlaku," tulis LTMPT.

KIP Kuliah merupakan bantuan pemerintah bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk bisa mengakses pendidikan tinggi. Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 bisa menggunakan Kartu Indonesia KIP Kuliah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendaftaran UTBK SBMPTN

Seperti diketahui, LTMPT resmi membuka pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 sejak Senin pukul 15.00 WIB, 15 Maret 2021. Pendaftaran dijadwalkan akan dibuka hingga 1 April 2021

UTBK-SBMPTN 2021 merupakan salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) yang disediakan oleh LTMPT selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.

Berbeda dengan UTBK-SBMPTN yang menggunakan tes untuk menentukan masuk tidaknya seorang siswa ke PTN, SNMPTN justru menggunakan nilai rapor dan prestasi siswa. Pengumuman hasil SNMPTN 2021 telah dilakukan pada 22 Maret 2021.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.