Sukses

Kala Jokowi Dengarkan Curhatan Nelayan Maluku Hadapi Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berdialog dengan para nelayan di Maluku untuk mengetahui situasi yang dihadapi mereka di kala pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berdialog dengan para nelayan di Maluku untuk mengetahui situasi yang dihadapi mereka di kala pandemi Covid-19. Dialog tersebut berlangsung di Dermaga Huseka’a Hitu, Kabupaten Maluku Tengah, pada Kamis (25/3/2021).

"Saya ingin mendengar situasi dan urusan yang berkaitan dengan perikanan dan nelayan. Di saat pandemi seperti ini apakah ada kesulitan atau tidak?" tanya Jokowikepada para nelayan.

Sebanyak 16 nelayan yang mewakili para nelayan di Kabupaten Maluku yang hadir pada kesempatan tersebut dan mengutarakan pendapat serta kebutuhan mereka.

Salah seorang nelayan yang berbicara dengan Presiden menyampaikan ucapan terima kasih karena mengupayakan terwujudnya daerah Maluku sebagai lumbung ikan nasional.

"Terima kasih untuk Bapak Presiden telah datang ke Maluku ini untuk melihat kami, khususnya Desa Hitu ini, untuk menjadikan Maluku sebagai daerah lumbung ikan nasional di Indonesia," ucap nelayan itu.

Nelayan tersebut menjelaskan, selama pandemi berlangsung, mereka masih bisa terus melaut dengan penerapan protokol kesehatan.

Dia juga mengatakan nelayan setempat memerlukan alat tangkap ikan.

"Masyarakat (nelayan) di sini lagi kekurangan dalam hal alat penangkapan, rumpon masih kurang," tutur dia ke Jokowi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segera Belikan Rumpon

Rumpon merupakan salah satu alat bantu penangkapan ikan yang ditempatkan di tengah laut, baik dangkal maupun dalam. Nantinya, ikan-ikan akan berkumpul di sekitar rumpon tersebut sehingga memudahkan nelayan setempat untuk menangkapnya. Dalam pengoperasiannya, satu rumpon tersebut dapat dimanfaatkan secara bersama-sama oleh sejumlah nelayan.

Selepas berdialog dengan para nelayan, Presiden mengatakan akan segera membelikan alat bantu tangkap tersebut. Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga memberikan bantuan tambahan modal bagi para nelayan tersebut.

"Tadi yang mau dibeli rumpon tadi, segera besok diberi. Saya nanti cek sudah dibelikan belum," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi