Megawati Dorong Indonesia Berkedaulatan Pangan

Oleh Yopi Makdori pada 24 Mar 2021, 21:40 WIB
Diperbarui 24 Mar 2021, 21:40 WIB
Megawati Sukarnoputri
Perbesar
Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Sukarnoputri (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mendorong agar Indonesia benar-benar mewujudkan kedaulatan pangan, bukan hanya ketahanan pangan. Hal itu disampaikan Megawati dalam peluncuran buku "Merawat Pertiwi, Jalan Megawati Soekarnoputri Melestarikan Alam," yang dipusatkan di kantor pusat partai di Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

"Kalau ketahanan, makanan kurang, maka kita impor. Kalau kedaulatan pangan, segala yang ada di negara kita dapat kita makan, kita olah secara maksimal. Maka nanti kita bisa mengekspor bahan makanan itu," ujar Megawati

Bagi Megawati, Indonesia memiliki alam yang kaya raya. Seharusnya, para orang pintar di negeri ini bisa menyatukan pikiran, fokus ke arah membangun negara dalam konsep kedaulatan pangan. 

Dalam konteks itu, Megawati meminta agar para kader PDIP harus secara aktif mencari ide-ide kreatif yang bisa dilaksanakan di daerah masing-masing untuk mewujudkan semangat tersebut. Tujuannya satu, supaya PDIP berperan sebagai alat perjuangan untuk mensejahterakan rakyat, bukan justru mensejahterakan diri sendiri. 

"Jangan terpaku bahwa saya anggota PDI Perjuangan, maka harus sesuai instruksi partai. Harus berpikir luas soal kehidupan di sekitar kita, apa yang kita bisa berikan," ujar Megawati

2 dari 3 halaman

Fokus Sejahterakan Rakyat

Menurutnya, filosofi yang mesti ditanamkan oleh para kader adalah jika rakyat senang, kader PDIP mesti merasa senang.

"Itu filosofi yang harus kita amalkan. Kalau lingkungan kita sedih, masak kita ketawa. Nanti dibilang kita gila, orang sedih malah ketawa. Itulah namanya keseimbangan dan keselarasan kehidupan. Jadikanlah PDI Perjuangan sebagai alat perjuangan," tegas Megawati. 

Di usianya yang telah senja, Megawati mengaku masih memiliki semangat membara untuk mensejahterakan rakyat. Untuk itu, ia mengajak para kadernya meneladani semangatnya itu.

"Masa kalian kalah dengan saya yang berumur 74 tahun? Saya masih bersemangat karena ingin kalian berkehidupan baik. Kalau rakyat sejahtera, kalian akan sejahtera. Itu pasti," pungkas Megawati. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓