Sukses

Pelindo III Menggelar Inno Reactivation 2.0 dan Menjaring 192 Ide Inovasi

Pelindo III menggelar Inno Reactivation 2.0.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi yang pesat membuat semua sektor turut berkembang, industri kepelabuhan misalnya. Melihat hal itu, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III untuk terus melakukan inovasi.

Inovasi tersebut membuka kesempatan kepada para pegawainya untuk menyampaikan ide perbaikan dalam sebuah kompetisi inovasi yang bertajuk Inno Reactivation 2.0. Kompetisi tersebut berhasil menjaring 192 ide inovasi untuk berbagai aspek bisnis di lingkungan perusahaan.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto mengatakan kompetisi inovasi dimaksudkan untuk memberi ruang kepada para pegawai untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan perusahaan. Jumlah ide inovasi tahun ini lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berjumlah 106 ide inovasi.

“Setiap tahun jumlah inovasi semakin meningkat, ini menunjukkan bahwa para pegawai memiliki kepedulian untuk memajukan perusahaan. Semangat kreativitas ini yang kami tangkap untuk selanjutnya diadakan kompetisi inovasi yang digelar setiap tahun,” kata Edi di Surabaya, Selasa (23/03).

Mengusung tema besar “Energize Your Idea & Culture” ajang adu inovasi Inno Reactivation 2.0 berhasil menjaring beberapa inovasi seperti monitoring sistem pompa banjir di Pelabuhan Tanjung Emas, fuel monitoring system untuk bahan bakar alat bongkar muat, automatic customs behandle job order untuk kegiatan pemeriksaan petikemas di Terminal Petikemas Surabaya, dan berbagai inovasi lainnya.

“Kami berupaya untuk menjadikan inovasi sebagai budaya kami, terlebih 60% pegawai Pelindo III merupakan generasi millenial. Ini merupakan modal berharga kami untuk bisa menghadirkan berbagai inovasi,” lanjutnya.

Sementara itu Asisten Deputi Bidang Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Imam Bustomi memberikan apresiasi atas gelaran Inno Reactivation 2.0 . Menurutnya acara ini selaras dengan upaya BUMN untuk menghasilkan inovasi-inovasi di bidang teknologi guna menyambut “Indonesia Emas” yang berdaya saing tinggi di tahun 2030. Dirinya berharap hasil dalam acara ini bisa langsung diimplementasikan dalam pengembangan perusahaan.

“Indonesia diprediksikan akan segera menyambut masa keemasan dibidang teknologi, oleh karenanya kami di Kementerian BUMN berupaya untuk mempersiapkan segala sesuatunya termasuk SDM unggul, dan ajang ini selaras dengan rencana  tersebut,” katanya.

Inno Reactivation 2.0 sendiri merupakan ajang adu inovasi teknologi dan informasi kedua yang telah diselenggarakan oleh Pelindo III. Ide inovasi yang masuk selanjutnya dilakukan penilaian oleh dewan juri untuk menentukan ide yang terbaik. Selanjutnya, terhadap ide terbaik tersebut akan ditindaklanjuti untuk dapat segera diimplementasikan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini