Sukses

Isu Polusi Udara Jadi Top 5 di Change.org dalam Beberapa Tahun Terakhir

Dalam 5 tahun terakhir semakin banyak masyarakat yang membahas isu lingkungan dan terlihat semakin konsisten dalam setiap tahunya.

Liputan6.com, Jakarta Semakin buruknya kualitas udara di DKI Jakarta membuat tidak sedikit masyarakat mengajukan petisi sebagai ajakan untuk mengendalikan polusi udara yang terjadi di ibu kota negara Indonesia, Jakarta.

Direktur Komunikasi Change.org Arief Aziz melihat dalam 5 tahun terakhir semakin banyak masyarakat yang membahas isu lingkungan dan terlihat semakin konsisten dalam setiap tahunya.

"Isu lingkungan semakin konsisten dari tahun ke tahun menjadi 5 topik yang paling banyak diomongin. Kita baru aja ngeluarin satu laporan mengenai petisi-petisi isu lingkungan dan sekitar 70-80 persen itu ngomongin tentang hutan, deforestasi dan banyak sekali ngomongin tentang isu iklim," ujar Arief dalam sebuah video yang diunggah melalui akun komunitas Bicara Udara, Selasa (23/3/2021).

Menurutnya, isu lingkungan baik itu isu besar seperti krisis iklim maupun isu seperti polusi udara saat ini sedang menuju critical mass ke sebuah poin yang sangat penting karena semua aspek-aspeknya sedang menyelaraskan satu sama lain.

Sedangkan dari sudut pandang masyarakat sudah banyak dan dari sudut pandang pengambil keputusan juga banyak yang akhirnya peduli atau sabar untuk mendengarkan suara masyarakat akan hal ini.

"Sehingga potensi keberhasilan untuk kampanye polusi udara ataupun krisis iklim menurut saya sudah sangat dekat dan harus terus diperjuangkan," ungkap Arief.

Lanjutnya, dengan pekatnya udara Jakarta rasanya dapat membuat orang tua akan berpikiran untuk mau atau tidaknya membesarkan anak di sebuah kota dengan polusi udara yang cukup mengkhawatirkan.

Karena membicarakan polusi menurutnya bukan hanya mengenai tentang sesak napas atau batuk-batuk, tetapi tentang perkembangan kognitif dari anak kita, pengembangan kesehatan dari anak kita. Jadi ini yang juga dirasakan oleh banyak warga Jakarta.

"Ini untuk masa depan kita semua, untuk anak-anak kita. Kalo misal kali ini tidak kita selesaikan maka jangan-jangan ini bukan rumah yang tepat untuk mereka," papar Arief.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komunitas Bicara Udara

Komunitas Bicara Udara sendiri adalah saluran untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya udara bersih dan usaha untuk membantu mengurangi polusi udara. Kanal tersebut merupakan lanjutan dari upaya yang dilakukan oleh koalisi Langit Biru Jakarta yang memulai gerakan di laman Change.org tahun lalu.

Petisi yang dapat diakses di laman www.change.org/langitbirujakarta dan menjadi perhatian banyak warga Jakarta itu hingga kini telah mengumpulkan lebih dari 78 ribu tanda tangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.