Sukses

Percepat Bantuan Bencana, PMI Bangun Gudang Logistik di Sejumlah Provinsi

Palang Merah Indonesia (PMI) membangun sejumlah gudang di regional dan provinsi untuk mempercepat bantuan logistik bencana.

Liputan6.com, Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) membangun sejumlah gudang di regional dan provinsi untuk mempercepat bantuan logistik bencana. Salah satu yang tengah dibangun yakni, gudang yang berada di Provinsi di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Pembangunan gudang provinsi di Mataram ini diharapkan dapat memenuhi target PMI, yakni bantuan sampai dalam waktu paling lambat 6 jam kepada masyarakat terdampak bencana," kata Ketua PMI Jusuf Kalla (JK) dikutip dari siaran persnya, Selasa (23/3/2021).

Menurut dia, gudang di Mataram dengan luas 1.400 meter persegi akan mendukung suplai logistik di NTB dan sekitarnya apabila terjadi bencana. Terlebih, sebaran potensi bencana di wilayah timur Indonesia cukup beragam.

Adapun NTB merupakan perlintasan cincin api pasifik yang menyimpan beberapa gunung api aktif seperti Rinjani. Sehingga, rawan terjadi gempa dan letusan gunung api.

JK memastikan, PMI akan melanjutkan pembangunan tujuh unit gudang provinsi lainnya di wilayah rawan bencana. Mulai dari, Batam-Kepulauan Riau, Manado-Sulawesi Utara, Tual-Maluku, Halmahera Barat-Maluku Utara, Bulungan-Kalimantan Utara, Gorontalo, dan Kupang-Nusa Tenggara Timur.

"Kami sudah memiliki enam gudang regional, dan ini akan ditambah dengan dukungan gudang provinsi," ujar JK.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Selandia Baru

Jusuf Kalla menyampaikan, pembangunan sejumlah gudang logistik tersebut atas dukungan pemerintah Selandia Baru (New Zealand). JK berharap, dukungan internasional tersebut terus terjalin dalam gerakan kemanusiaan di Indonesia.

"PMI Pusat, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah New Zealand yang telah membantu memperkuat kapasitas PMI dengan membantu proses pembangunan gudang provinsi di beberapa wilayah di Indonesia," jelas JK.

Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia H. E. Jonathan Austin mengungkapkan, dukungan terhadap PMI tersebut berdasarkan kesamaan nasib. Selandia Baru, kata dia, juga merupakan wilayah dengan beragam potensi bencana.

"Kami senang sekali dapat bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia untuk membantu negara sahabat lebih siaga dalam menghadapi bencana," tuturnya.

"Gudang ini adalah bentuk nyata kemitraan kita. Terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sehingga pembangunan ini terlaksana," sambung Jonathan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • PMI

  • JK