Sukses

Anggaran Formula E Hampir Rp 1 Triliun, Wagub DKI: Tidak Masalah

Hasil audit BPK DKI mencatat, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah melakukan pembayaran kepada FEO Ltd selaku promotor dan pemegang lisensi Formula E senilai Rp 983,31 miliar di tahun 2019-2020.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) DKI Jakarta baru saja menuntaskan audit penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Hasil audit tersebut mencatat, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah melakukan pembayaran kepada FEO Ltd selaku promotor dan pemegang lisensi Formula E senilai 53 juta poundsterling Inggris atau setara Rp 983,31 miliar di tahun 2019-2020.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria merasa bahwa besarnya biaya yang dikeluarkan untuk ajang balap mobil listrik itu tidak masalah.

"Formula E tidak ada masalah, semua kita konsultasikan. Selalu dalam pengawasan dan pemeriksaan BPK sejauh ini tidak ada masalah," kata Riza saat ditemui wartawan di Balai Kota, Senin (22/3/2021).

Dia memastikan, besarnya dana yang dikeluarkan itu telah melewati berbagai kajian dan penelitian yang panjang oleh para ahli. Dengan kalkulasi yang matang dari para ahli, Riza yakin, dana sebesar hampir Rp 1 triliun itu akan tetap menguntungkan.

Karena kata Riza, jika tidak menguntungkan, tentu Pemprov DKI Jakarta tidak akan mau mengambil proyek tersebut.

"Tentu sebelum diputuskan itu ada mekanisme, aturan, kajian, dan penelitian oleh konsultan-konsultan. Yang menilai apakah Formula E ini memberi dampak positif atau tidak itu para konsultan. Bukan kami," ujarnya.

"Berapa nilai ekonomisnya, nilai positifnya berapa bagi Jakarta, berapa bagi Indonesia, itu sudah dihitung. Ada analisis keuangannya. Kalau tidak, kita tidak berani. Uang yang kita keluarkan tentu sesuai nanti dengan apa yang kita dapatkan," katanya

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Digelar 2022

Oleh sebab itu, Politikus dari Partai Gerindra itu menargetkan, Formula E bisa digelar pada tahun 2022, sekalipun kasus penularan Covid-19 masih relatif tinggi, kata Riza, Formula E akan tetap digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Insya Allah tahun 2022 kita akan melaksanakan Formula E di Jakarta, tentu sesuai dengan peraturan dan protokol kesehatan, kalau memang nanti tahun 2022 kasus Covid-19 masih cukup tinggi," ungkapnya.

Dia pun meminta masyarakat DKI Jakarta untuk tidak khawatir terkait besarnya dana yang dikeluarkan untuk ajang Formula E ini.

"Kita berharap, Jakarta, Indonesia bisa terbebas dari Covid-19. Insya Allah, kalau fee-nya aman. Tidak usah khawatir," pesannya.

Reporter : Rifa Yusya Adilah

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.