Sukses

4 Hal Terkait Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Vaksinasi Covid-19 Massal di Lampung

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meninjau pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 massal di Gedung Balai Keratun, Provinsi Lampung.

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Senin (22/3/2021), Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meninjau pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 di Provinsi Lampung.

Wapres Ma'ruf melihat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal yang digelar di Gedung Balai Keratun, Provinsi Lampung.

Usai meninjau langsung, Wapres Ma'ruf lantas meminta pemerintah daerah (pemda) mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan menambah jumlah penerima vaksin.

"Saya berharap vaksinasi yang sekarang 8.000 per hari, bisa terus ditingkatkan karena kita ingin supaya tercapai herd immunity dalam jangka waktu satu tahun. Jadi di Lampung ini yang antara 20-50 ribu ini saya harapkan ada percepatan," ujar Ma'ruf, dilansir Antara, Senin (22/3/2021).

Selain itu, dia pun mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan meski sudah melakukan vaksinasi Covid-19.

Kemudian, tak hanya melihat proses vaksinasi Covid-19 massal, Wapres Ma'ruf meninjau progres pembangunan Bendungan Way Sekampung yang terletak di Kabupaten Pringsewu. Pembangunan bendungan Way Sekampung telah dimulai sejak 2016.

Berikut sejumlah hal terkait kunjungan Wapres Ma’ruf Amin meninjau vaksinasi Covid-19 massal di Provinsi Lampung dihimpun Liputan6.com:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Minta Pemda Percepat dan Tambah Penerima Vaksin Covid-19

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta pemerintah daerah (pemda) mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan menambah jumlah penerima vaksin.

Dengan begitu, lanjut dia, target kekebalan komunitas secara nasional dapat segera tercapai.

Hal itu disampaikan Ma'ruf usai meninjau langsung pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 massal yang digelar di Gedung Balai Keratun Provinsi Lampung, Senin (22/3/2021).

"Saya berharap vaksinasi yang sekarang 8.000 per hari, bisa terus ditingkatkan karena kita ingin supaya tercapai herd immunity dalam jangka waktu satu tahun. Jadi di Lampung ini yang antara 20-50 ribu ini saya harapkan ada percepatan," ujar Ma'ruf, dilansir Antara, Senin (22/3/2021).

 

3 dari 6 halaman

2. Sampaikan Apresiasi

Saat menyaksikan kegiatan vaksinasi Covid-19 di Lampung, Wapres Ma’ruf mengapresiasi prosesnya dilakukan dengan menambah jumlah meja untuk mempercepat penyuntikan.

"Saya baru saja menyaksikan vaksinasi di Provinsi Lampung dan saya melihat prosesnya bagus yang biasanya empat meja, sekarang sudah lima meja. Yang pertama untuk melakukan pemeriksaan tentang terutama tensinya supaya diketahui apakah siap apa tidak, tinggi apa tidak," kata dia.

 

4 dari 6 halaman

3. Minta Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Meskipun telah menjalani vaksinasi Covid-19, Ma'ruf mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

"Protokol kesehatan tidak boleh ditinggalkan karena bisa saja orang yang sudah divaksin terkena (Covid-19), kalau tidak menerapkan protokol kesehatan. Jadi pakai masker, jaga jarak, cuci tangan, hindari kerumunan dan juga penerapan PPKM Mikro," jelas Ma'ruf.

 

5 dari 6 halaman

4. Tinjau Bendungan Way Sekampung

Setelah melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Wapres Ma'ruf meninjau progres pembangunan Bendungan Way Sekampung yang terletak di Kabupaten Pringsewu. Pembangunan bendungan Way Sekampung telah dimulai sejak 2016.

Bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampung 68 juta m3 yang akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi sebesar 55,373 Ha dan air irigasi untuk ekstensifikasi berupa pengembangan daerah irigasi rumbia extension dengan potensi luas 17.334 Ha.

Adapun manfaat dari pembangunan Bendungan Way Sekampung adalah sebagai penyedia air baku sebesar 2.482 liter/detik untuk Kota Bandar Lampung, Branti, Kota Metro. Kemudian mereduksi banjir sebesar 185 m3/detik dan berpotensi sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 5,4 MW.

Progres pembangunan Bendungan Way Sekampung sampai saat ini telah mencapai 92,33 persen. Bendungan ini ditargetkan rampung pada Juli 2021.

 

(Dinda Permata)

6 dari 6 halaman

Benarkah Sudah Divaksin Masih Bisa Kena Covid-19?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.