Sukses

Survei Indikator: 61 Persen Anak Muda Jakarta Tidak Puas dengan Kinerja Jokowi

Mayoritas anak muda yang puas terhadap kinerja Jokowi berasal dari Sumatera.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia melaporkan hasil jajak pendapat kepada anak muda terkait isu-isu sosial politik bangsa. Hasilnya, 61,7 persen anak muda di DKI Jakarta menyatakan tidak puast dengan kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sementara mayoritas anak muda di Sumatera merasa sangat puas dan cukup puas dengan kinerja Jokowi, yakni mencapai 66,2 persen.

"Anak muda di segmen mana yang cenderung tidak puas, anak muda di DKI cenderung tidak puas," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei secara daring, Minggu (21/3/2021).

Sementara itu, dari keseluruhan 1.200 responden, sebanyak 65,4 persen merasa sangat puas dan cukup puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi. Burhanuddin menilai, kepuasaan tersebut berimbang dengan opini publik pada survei Februari lalu.

"Kepuasan relatif berimbang degan opini politik pada secara umum, dengan anak muda," tambahnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penanganan Corona Paling Penting

Sementara itu, menurut Burhanuddin, anak muda menganggap hal yang paling penting diselesaikan saat ini yaitu penanganan wabah virus corona, menejemen pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, pengangguran hingga korupsi.

"Masalah apa yang dianggap penting, masalah paling penting Indonesia saat ini tiga isu yang warna biru ini isu paling pertama, yang warna oranye, tetapi disebut nomer tiga, adalah penanganan wabah virus corona, ekonomi," ungkapnya.

Diketahui Survei Indikator Politik Indonesia digelar pada 4-10 Maret 2021. Survei dilakukan melalui sambungan telepon dengan 1,200 responden berusia 17-21 tahun. Margin of error survei kurang lebih sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Reporter: Intan Umbari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.