VIDEO BERANI BERUBAH: Panen Sayur di Tengah Kota

VIDEO BERANI BERUBAH: Panen Sayur di Tengah Kota

Pandemi Covid-19 menuntut masyarakat untuk terus berinovasi. Semua dilakukan demi bisa bertahan di tengah situasi sulit ini. Tak hanya lapangan pekerjaan yang terdampak, namun ketahanan pangan juga menjadi sutau permasalahan.

Karena itu, tak sedikit pula dari warga yang bekerja sama untuk bisa saling mendapat sesuap nasi. Salah satunya adalah Kelompok Tani Angsana 12, inovasi warga Bumi Sawangan Indah 2, Depok, Jawa Barat yang menyulap lahan kosong menjadi lahan tani untuk ditumbuhi berbagai macam tanaman.

Sejak September 2020, lahan tersebut telah menghasilkan pangan bagi warga sekitar. Bagi warga yang terdampak pandemi, hasil panen tersebut adalah berkah tak ternilai. Selain itu, dalam menanam warga pun memiliki cara yang terbilang unik.

Padi ditanam dengan cara hidroganik dimana di bawahnya ada kolam ikan, sehingga padi ini mendapatkan proteinnya dari kotoran ikan. Selain itu, warga pun membuang jauh rasa gengsi dalam bersama merawat lahan tani ini. Sebab, mereka sadar bahwa hal ini digarap bersama untuk kebaikan bersama.

Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan 6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ingin tahu cerita lengkapnya, simak dalam video berikut ya.

Ringkasan

Oleh Mohamad Hafiz Aldi, Ratu Annisaa Suryasumirat, Chandra Bayu Witantra, Rio Pangkerego pada 22 March 2021, 06:00 WIB

Video Terkait

Spotlights