Sukses

Pesawat Kargo Trigana Air yang Tergelincir Sempat Terbang Selama 2 Menit

Akibat tergelincirnya Trigana Air, kondisi Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta lumpuh sementara.

Liputan6.com, Jakarta - Manager Hubungan Masyarakat AirNav Indonesia Yohanes Harry, merilis kronologi tergelincirnya pesawat kargo milik Trigana Air di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Pesawat pengangkut barang tersebut ternyata baru saja lepas landas dengan rute penerbangan Makassar.

"Dua menit setelah lepas landas dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta, pesawat kembali atau Return To Base (kembali ke bandara asal keberangkatan) dikarenakan adanya kendala teknis," jelas Yohanes dalam keterangan diterima, Sabtu (20/3/2021).

Yohanes menambahkan, insiden tergelincirnya pesawat tersebut terjadi saat pesawat tiba kembali di Bandara Halim. Tergelincirnya Trigana Air membuat kondisi bandara tersebut lumpuh sementara.

"Tepat setelah mendarat, pesawat tergelincir ke arah kanan runway sehingga runway terblokir dan tidak dapat digunakan untuk operasional penerbangan," jelas dia.

Yohanes memastikan, petugas ATC AirNav Indonesia Cabang Halim langsung memberikan pelayanan kedaruratan dengan berkoordinasi dengan pihak PT Angkasa Pura II (Persero) dan TNI AU Lanud Halim Perdanakusuma.

"AirNav Indonesia juga menerbitkan NOTAM untuk penutupan Runway Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma dengan nomor A0693/21," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerbangan Dialihkan ke Bandara Soekarno Hatta

Saat ini, sebagai dampak adanya penutupan Runway, beberapa penerbangan yang menuju Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma dialihkan ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

"AirNav Indonesia akan terus berkoordinasi dengan para Stakeholders untuk memberikan informasi terbaru terkait penutupan Runway Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma," tandas Yonanes.

Pesawat Trigana Air tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu siang (20/3/2021).

Kabar tergelincirnya pesawat Trigana Air tersebut dibenarkan oleh Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati.

"Iya benar, hari ini Sabtu, 20 Maret 2021 pukul 11.26 WIB terjadi insiden pendaratan keluar runway yang dialami oleh pesawat kargo Trigana PSK YSF dengan rute Halim- Makassar," kata Adita saat dikonfirmasi.

Dikarenakan pesawat Trigana Air tidak mengangkut penumpang, Adita memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Pesawat ini mengangkut kargo dan tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini," jelas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.