Sukses

Belajar Tentang Proses Pembentukan Bahan Bakar Fosil

Bahan bakar fosil termasuk sumber energi yang tak terbarukan atau non-renewable energy, sehingga saat bahan bakar ini akan habis.

Liputan6.com, Jakarta Seperti teman-teman ketahui, bahan bakar fosil atau adalah sumber daya alam yang mengandung hidrokarbon seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Bahan bakar fosil terbentuk karena adanya proses alamiah berupa pembusukan dari organisme yang mati ratusan juta tahun lalu. Bahan bakar fosil termasuk sumber energi yang tak terbarukan (non-renewable energy), sehingga saat bahan bakar ini akan habis.

Belajar dari Rumah persembahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada episode ke 45 akan dipandu oleh Kak Evan dan belajar tentang bahan bakar fosil. Kak Evan mengajak teman-teman pemirsa melakukan  beberapa aktivitas seperti mengamati barang-barang di  rumah yang membutuhkan bahan bakar, membaca “Proses Terbentuknya Bahan Bakar Fosil”, serta belajar membuat diagram proses terbentuknya bahan bakar fosil.

 

Setelah mengikuti bacaan, teman-teman juga mempelajari kosakata baru: purba, bangkai, organisme,sedimen, fosil, minyak bumi, gas alam. Memahami kosatkata tersebut akan membantu kamu untuk lebih tahu tentang bahan bakar fosil.

 

Selain itu Kak Evan juga mengajak kamu untuk mengeksplorasi langkah perkiraan penggunaan bahan bakar minyak pada kendaraan yang berkaitan dengan materi perkalian pecahan.

Seperti episode-episode sebelumnya, Belajar dari Rumah juga mengajak kamu untuk membuat proyek kreatif minggu yaitu membuat informasi grafis proses pembentukan bahan bakar fosil.

Untuk pembelajaran lebih lengkap,teman-teman bisa menonton video di channel Youtube Kemendikbud RI Belajar dari Rumah Episode 41: Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita dan menonton program Belajar dari Rumah kelas 5 SD setiap hari di TVRI Pukul 10.30-11.00 WIB.

Pembelajaran pada semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan program Belajar dari Rumah (BDR) yang ditayangkan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) untuk jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD). Tayangan tersebut dimulai dari bulan Januari s.d. Maret 2021, Senin s.d. Jumat, pukul 08.00 sampai 11.30 WIB.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini