Sukses

Sebagai Upaya Menjaga Kesehatan, DPR RI Berikan Fasilitas Sepeda di Lingkungan DPR

Bersepeda menjadi olahraga yang diminati selama pandemi. Olahraga ini terbilang cukup murah dan praktis. Selain itu, pemerintah mendukung olahraga tersebut dengan adanya jalan khusus pesepeda.

Liputan6.com, Jakarta Bersepeda menjadi olahraga yang diminati selama pandemi. Olahraga ini terbilang cukup murah dan praktis. Selain itu, pemerintah mendukung olahraga tersebut dengan adanya jalan khusus pesepeda.

Tak hanya itu, fasilitas layanan sepeda di lingkungan Kesetjenan DPR juga dilakukan. Hal itu demi memenuhi program dari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yaitu meningkatkan ketertarikan semua pegawai untuk berolahraga.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menjelaskan, salah satu fokusnya dengan melakukan kegiatan positif seperti bersepeda sebagai upaya untuk menjaga kesehatan.

Hal tersebut diungkapkannya dalam Kegiatan ‘Gowes Munggah’ yang diadakan oleh KORPRI Sekretariat Jenderal DPR RI diikuti oleh puluhan peserta, dengan start di Kompleks Parlemen, berputar ke kawasan Gelora Bung Karno, berlanjut ke daerah Sudirman, dan finish di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (19/3/2021).

“Sekjen DPR dalam hal ini KORPRI memang salah satu programya adalah ingin meningkatkan minat dari semua pegawai untuk berolahraga apapun yang ada di lingkungan DPR, salah satunya untuk sepeda. Ini tentunya kita akan fasilitasi karena sudah mulai banyak pegawai yang melakukan hal tersebut,” tuturnya usai memimpin kegiatan Gowes.

Indra melanjutkan dirinya mendukung pengembangan fasilitas sepeda seperti layanan camp yang saat ini hanya memuat dua puluh sampai tiga puluh sepeda. Ke depannya, ia menekankan bahwa tempat penyimpanan sepeda itu akan diperbesar supaya lebih banyak pegawai yang dapat menggunakan fasilitas tersebut.

Untuk keamanan tempat penyimpanan sepeda, Indra menjelaskan akan dilengkapi dengan pengamanan yang terbaik termasuk penggunaan CCTV. Hal tersebut diperlukan guna meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. “Bisa kelihatan bahwa yang ada ini (camp) pun sudah dengan gerbang pengaman, jadi pasti nanti kita pikirkan keamanan yang paling maksimal termasuk dengan CCTV,” ujarnya.

Acara ‘Gowes Munggah’ selalu dilaksakan secara rutin dengan anggota Parle Cycling Club (Parle CC). Ketua KORPRI Setjen DPR RI Djaka Dwi Winarko berharap nantinya kegiatan bersepeda kali ini tidak hanya melibatkan pegawai Setjen DPR, namun juga melibatkan Anggota Dewan.

“Kita selaku komunitas (Parle CC) sangat apresiasi dan senang sekali. Kita berharap suatu saat nanti teman-teman banyak yang menggunakan sepeda, kalau misalnya lelah bisa dititipkan ke kantor, sehingga nanti kita percaya kalau dengan bersepeda, pastilah kesehatannya refresh dan juga mengurangi kemacetan, serta polusi,” tandasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini