Sukses

Keunggulan dan Kelemahan Energi Panas Bumi dan Panel Surya

Energi matahari memiliki manfaat yang banyak bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Bagi manusia, energi tersebut mampu bermanfaat bagi kehidupan. Sebagai contoh, energi matahari bermanfaat untuk mengeringkan pakaian yang sudah dicuci.

Liputan6.com, Jakarta Energi matahari memiliki manfaat yang banyak bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Bagi manusia, energi tersebut mampu bermanfaat bagi kehidupan. Sebagai contoh, energi matahari bermanfaat untuk mengeringkan pakaian yang sudah dicuci.

Namun, energi yang melimpah itu memiliki kelemahan juga. Berikut penjelasan keunggulan dan kelemahan energi matahari.

Keunggulan dan kelemahan

Energi matahari memiliki keunggulan tersendiri. Pertama adalah energi ini melimpah dari alam dan energi itu bisa diperbaharukan. Selain itu, energi tersebut dalam peggunaannya tidak menimbulkan polusi sebanyak penggunaan bahan bakar fosil.

Namun, ada beberapa kelemahan yang ada pada energi matahari. Jika cuaca hujan, energi yang tersedia jadi berkurang dan tidak optimal jika dimanfaatkan. Selain itu, pemakaian energi itu mampu menyebabkan terlepasnya gas yang berbau seperti telur busuk.

Tak hanya itu, pemanfaatan energi matahri mampu menimbulkan limbah yang mengandung bahan beracun yang mungkin membahayakan lingkungan dan energi itu tidak stabil. Beberapa wilayah penghasil energi panas bumi diperkirakan lamban laun akan mengalami.

Panel surya

Untuk energi terbarukan penggunaan panel surya bisa memanfaatkan energi tersebut. Namun, panel surya juga memiliki kelemahan. Seperti yang dibahas di atas, jika cuaca mendung atau hujan, energi yang tersedia akan berkurang.

Selain itu, pembuatan panel surya untuk mengumpulkan dan menyimpan energi matahari cukup rumit dan mahal. Terakhir, pembuatan panel surya membutuhkan tempat yang sangat luas dan dapat mengganggu tempat makhluk hidup lainnya.

Untuk penjelasan lainnya, yuk adik-adik yang duduk di Kelas V, gali pengetahuanmu lainnya dengan menonton program Belajar dari Rumah (BdR) setiap hari di TVRI, pukul 10.30-11.00 WIB.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini