Sukses

Belajar Proses Terjadinya Siang dan Malam Yuk!

Ketika ada bagian bumi yang menghadap matahari, disitulah terjadinya siang. Saat bumi membelakangi matahari, terjadilah malam.

Liputan6.com, Jakarta Matahari adalah pusatnya tata surya. Matahari menjadi pusat tata surya karena memiliki faktor gravitasi yang membuat semua benda langit termasuk bumi bergerak mengelilingi matahari. 

Apakah karena bergerak mengelilingi matahari yang menjadikan ada siang dan malam? Benar! Dalam video Belajar dari Rumah Kelas 5 Episode 44 yang dibuat Kemendikbud, materi berjudul Peristiwa Siang Malam menjelaskan alasannya lho. 

Dalam sesi yang dipraktekkan langsung oleh Kak Yohana dan Markus menjelaskan bahwa bumi diibaratkan seperti bola yang berputar. Setiap putaran bumi lamanya sehari dan semalam. 

Nah ketika ada bagian bumi yang menghadap matahari, disitulah terjadinya siang. Saat bumi membelakangi matahari, terjadilah malam. 

Misalnya bumi tepatnya Negara Amerika membelakangi matahari, Negara India justru menghadap mahatari. Itu artinya, di Amerika sedang terjadi malam dan India siang, begitu pula sebaliknya. 

Selain belajar tentang peristiwa siang dan malam, di episode ini juga mempelajari tentang Asupan Kalori. Nah, di sini adik-adik bisa tahu bahwa setiap makanan yang kita konsumsi memiliki nilai kalori. 

Kalori ini merupakan takaran energi dalam makanan yang dibutuhkan tubuh saat beraktivitas sehari-hari. Energi inilah yang akan digunakan untuk mendukung kinerja dan fungsi berbagai organ tubuh. 

Jadi jangan heran ya adik-adik, kalau tubuhmu merasa lemas ketika dalam kondisi lapar. Itu karena tubuhmu nggak kekurangan energi untuk menjalankan fungsinya. 

Untuk penjelasan lainnya, yuk adik-adik yang duduk di Kelas V, gali pengetahuanmu lainnya dengan menonton program Belajar dari Rumah (BdR) setiap hari di TVRI, pukul 10.30-11.00 WIB.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini