Sukses

Pentingnya Kalor Bagi Kehidupan Manusia, Pelajar Wajib Tahu!

Memasuki Episode ke 40, Belajar dari Rumah mengajak teman-teman kelas 5 SD untuk melakukan berbagai aktivitas pembelajaran yang meliputi pengaruh kalor terhadap tubuh bersama Ambar dan Lita.

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa kegiatan Pembelajaran Jarak Jarak dan Belajar dari Rumah telah memasuki pertengahan bulan Maret 2021. Sudah banyak sekali materi pembelajaran yang diterima oleh adik-adik dan juga latihan-latihan soal yang dikerjakan.

Memasuki Episode ke 40, Belajar dari Rumah mengajak teman-teman kelas 5 SD untuk melakukan berbagai aktivitas pembelajaran yang meliputi pengaruh kalor terhadap tubuh bersama Kak Ambar dan Lita.

Seperti teman-teman ketahui setiap manusia dan makhluk hidup membutuhkan kalor. Sumber kalor yang dimaksud adalah makanan dan minuman. Ambar dan Lita akan memberikan gambaran mengenai pentingnya kalor bagi tubuh. 

Selanjutnya, teman-teman diajak untuk menulis hasil percobaan perubahan panas dan bentuk pada benda, serta berlatih menggunakan kata-kata baru. Adapun kata baru antara lain suhu, energi, dan kalor.

Secara harfiah Kalor adalah tenaga panas yang dapat diterima ataupun diteruskan oleh satu benda ke benda lain secara hantaran, penyinaran, atau aliran.

Pada segmen berikutnya, teman-teman  juga akan membaca wacana tentang ragam makna pecahan dan menemukan sumber energi dalam kehidupan.

Selain itu, teman-teman diajak untuk membuat proyek kreatif, mengamati perubahan bentuk bahan makanan dan masakan dalam proses memasak yang disebabkan oleh pengaruh kalor.

Untuk pembelajaran lebih lengkap,teman-teman bisa menonton video di channel Youtube Kemendikbud RI Belajar dari Rumah Episode 40: Kalor Kebutuhan Kita dan menonton program Belajar dari Rumah kelas 5 SD setiap hari di TVRI Pukul 10.30-11.00 WIB.

Pembelajaran pada semester genap tahun ajaran dan tahun akademik 2020/2021, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan program Belajar dari Rumah (BDR) yang ditayangkan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) untuk jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD). Tayangan tersebut dimulai dari bulan Januari s.d. Maret 2021, Senin s.d. Jumat, pukul 08.00 sampai 11.30 WIB.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini