Sukses

Angin Puting Beliung Landa Kota Depok, Tak Ada Korban Jiwa

Hujan deras disertai puting beliung melanda Kecamatan Sawangan dan Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. Akibatnya sejumlah pohon tumbang dan tiang listrik roboh menutup akses jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras disertai puting beliung melanda Kecamatan Sawangan dan Kecamatan Bojongsari, Kota Depok. Akibatnya sejumlah pohon tumbang dan tiang listrik roboh menutup akses jalan.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Bojongsari, Munadi mengatakan, peristiwa angin puting beliung terjadi saat hujan deras yang turun di Kecamatan Sawangan dan Bojongsari sejak pukul 16.00 WIB. 

"Ada beberapa laporan kami terima dampak dari hujan deras dan puting beliung," ujar Munadi, Kamis (18/3/2021).

Munadi menjelaskan, untuk wilayah Kecamatan Sawangan, puting beliung menyebabkan pohon tumbang di dekat SDN Negeri Sawangan 01. Akibatnya, pohon tumbang menimpa bangunan yang terdapat sepeda motor milik warga.

“Motor matic mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon tumbang dan sudah kami tangani,” terang Munadi.

Selain itu, lanjut Munadi, angin puting beliung terjadi di Kecamatan Bojongsari di tiga lokasi bencana, yakni di RT2/4, RT1/2, dan RT1/9 Kelurahan Duren Seribu.

“Di Kelurahan Duren Seribu Kecamatan Bojongsari paling banyak dan paling parah dampak dari angin puting beliung,” ucap Munadi.

Munadi menuturkan, untuk lokasi RT2/4 pohon tumbang menyebabkan jalan lingkungan terputus sehingga tidak dapat dilalui kendaraan baik roda dua maupun lebih. Selain itu, pohon tumbang ke tiang listrik dan menimpa tanaman hias milik warga.

“Untuk di RT1/2 kelurahan yang sama pohon tumbang menimpa musala sehingga mengalami kerusakan, beruntung tidak ada korban jiwa,” ucap Munadi.

Munadi menambahkan, pohon tumbang di RT1/9 mengakibatkan tiang listrik patah dan menjalar ke rumah warga. Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan PLN untuk melakukan penanganan bersama untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

“Warga yang tanaman hiasnya rusak akibat pohon tumbang, sudah melakukan pemindahan tanamannya secara mandiri di bantu dengan warga lainnya,” ucap Munadi. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Korban Jiwa

Sementara itu, Camat Bojongsari, Dede Hidayat telah menerima laporan adanya musibah pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin puting beliung. Kecamatan Bojongsari telah melakukan peninjauan langsung kelapangan melakukan pengecekan dampak angin puting beliung.

“Sudah ada staf kelurahan dan kecamatan yang datang ke lokasi dan bersyukur tidak ada korban jiwa,” terang Dede.

Dede meminta, warga yang memiliki pohon yang rawan tumbang, dapat segera melakukan pemangkasan. Hal itu untuk mencegah terjadinya pohon tumbang. Selain itu, warga yang tidak dapat melakukan pemangkasan, dapat menghubungi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok untuk meminta bantuan pemangkasan.

“Apabila tidak mampu melakukan pemangkasan secara mandiri, dapat menghubungi DLHK untuk melakukan pemangkasan,” tutup Dede.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.