Sukses

Wagub Jakarta: Banyak Lansia Berbondong-bondong Vaksinasi Covid-19

Riza menduga, antusiasme terhadap vaksinasi Covid-19 tersebut akibat kekhawatiran masyarakat terhadap keluarganya yang lansia.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengapresiasi tingginya antusiasme para lansia yang melakukan vaksinasi Covid-19. Dia menduga, antusiasme tersebut akibat kekhawatiran masyarakat terhadap keluarganya yang lansia.

"Lansia justru banyak berbondong-bondong ingin mendapatkan vaksin. Karena mereka lansia, ada kekhawatiran yang tinggi justru mereka keluarganya mendorong agar para ortu, para kakek neneknya segera divaksin," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2021).

Riza mengatakan, para lansia datang ke lokasi vaksinasi yang telah ditentukan. Beberapa di antaranya diantarkan oleh keluarga.

"Mudah-mudahan ini bisa mengurangi dampak virus khususnya bagi lansia," ujar dia.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau proses vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Istora Senayan, Jakarta Pusat, pada Senin 8 Maret 2021.

Dalam tinjauan tersebut Anies bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Widyastuti. Anies mengatakan, pihaknya menyambut sinergitas yang terbangun antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat.

"Saya berharap kepada seluruh warga untuk mulai mempersiapkan dirinya (agar divaksin). Sementara, bagi yang belum melakukan vaksinasi, mulai menata diri agar bisa bersiap untuk ikut vaksinasi ini," kata Anies dalam keterangan tertulis, Senin 8 Maret 2021.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kini, Sentra Vaksinasi BUMN Bersama Layani Lansia KTP Non-Jakarta

Sentra Vaksinasi BUMN Bersama yang digagas oleh Kementerian BUMN mendapat sambutan positif karena membuat proses vaksinasi untuk lansia menjadi lebih nyaman.

Karena dampak positif tersebut, sentra vaksinasi ini akan memperluas layanannya, tidak hanya untuk lansia dengan KTP DKI Jakarta namun juga untuk lansia dengan KTP non DKI Jakarta.

"Langkah-langkah ini membuat yang tadinya Sentra Vaksinasi BUMN Bersama hanya dilakukan untuk para lansia yang memiliki KTP DKI Jakarta, sekarang Kemenkes memperbolehkan untuk para lansia yang tidak memiliki KTP DKI Jakarta juga," ujar Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga kepada wartawan, Selasa (16/3/2021).

Arya mengatakan, diharapkan perluasan layanan ini akan membuat para lansia di seluruh Indonesia bisa mendapatkan layanan vaksinasi yang aman dan nyaman.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan fokus pemerintah dalam mempercepat herd immunity dan terutama bisa menjaga keselamatan para lansia dimanapun mereka berada. "Sehingga dengan langkah ini diharapkan dapat membantu percepatan herd immunity," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.