Sukses

JK Sebut Masjid Dapat Digunakan Untuk Lokasi Vaksinasi Covid-19 Tingkat RW

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla atau JK menyarankan agar masjid dapat digunakan sebagai lokasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla atau JK menyarankan agar masjid dapat digunakan sebagai lokasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

JK mengatakan, lokasi itu untuk pelaksanaan vaksinasi tingkat RT/RW. Sebab masjid mempunyai halaman yang luas dan terdapat pengeras suara.

"Saya harapkan agar masjid bisa menjadi tempat vaksinasi Covid-19 untuk tingkat RT/RW. Mengingat masjid memiliki sarana untuk menunjang pelaksanaan vaksinasi tersebut, seperti halaman yang luas dan bangunan yang luas," kata JK dalam keterangan tertulis, Rabu (17/3/2021).

Kendati begitu JK menyebut tidak semua masjid dapat dikoordinasikan sebagai lokasi vaksinasi. Hal itu dikarenakan tak semua masjid mempunyai halaman yang luas.

"Jadi ini masjid yang besar-besar saja yang menjadi tempat pelaksanaan vaksin Covid-19. Jadi lebih mudah untuk mengaturnya," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terapkan Prokes Jelang Ramadhan

Sementara itu, JK juga mengimbau agar setiap masjid tetep menerapkan protokol kesehatan yang ketat jelang Ramadhan.

"Seperti menjaga jarak, mewajibkan masker, jamaah bawa sajadah sendiri dan masjid harus tiap hari harus dibersihkan dengan disinfektan. DMI akan membagikan peralatan untuk menjaga kebersihan masjid tersebut," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.