Sukses

Kapolri: 12 Polda Pasang ETLE, Pelaku Kejahatan Jalanan Tak Lagi Aman

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan melaunching kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara nasional di sejumlah Polda.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan melaunching kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara nasional di sejumlah Polda. Kegiatan peresmian ini akan dilakukan pada 23 Maret 2021 mendatang.

Dengan akan diresmikannya kamera ETLE yang sudah terpasang di sebagian daerah tersebut. Polisi menyatakan hal ini untuk memberikan peringatan terhadap para pengguna jalan untuk lebih berhati-hati kembali ketika berkendara.

"Yang kedua tidak ada lagi pelaku kejahatan yang aman berada di jalan. Karena dalam waktu dekat tanggal 23 Maret, 244 kamera ETLE tergelar dan diresmikan dan berfungsi secara aktif," kata Analis Kebijakan Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Dodi kepada wartawan, Rabu (17/3/2021).

Dodi mencontohkan salah satu kejahatan jalanan yang dapat diungkap dengan cepat berkat kamera ETLE. Kasus itu yakni seorang pengendara sepeda Ivan Christopper yang jadi korban tabrak lari oleh pengendara mobil Mercy MDA (19) di kawasan Bundaran HI pada Jumat (12/3) sekitar pukul 06.05 Wib.

"Jangan kan laka lantas, kejahatan tabrak lari dan kejahatan lainnya terdeteksi dengan cepat. Contoh kejadian (tabrak lari) ini dalam waktu 17,5 jam dapat terungkap," ungkapnya. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

12 Polda Resmi Pasang ETLE

Ia menyebut, untuk peresmian kamera ETLE akan dilakukan peresmian secara bertahap. Yang pertama pada 23 Maret 2021 dan yang kedua pada April 2021 mendatang.

"Bulan April akan diikuti oleh 12 Polda lagi sampai ke seluruhan akan tahun ini seluruh polda di Indonesia penegakan hukum berbasis elektronik," ujarnya.

Untuk di Polda Metro Jaya sendiri, nantinya akan diresmikan 98 kamera ETLE pada 23 Maret.

"Total ada 240an kamera seluruh Indonesia dari Polda Metro Jaya. Terdiri dari 57 kamera yang sekarang sudah eksisting ada 41 kamera yang akan dilauncing tanggal 23 Maret," sebutnya.

"41 kamera itu berada di 10 koridor Transjakarta, kemudian di beberapa titik di jalan tol. Kemudian ada sekaligus juga kamera ETLE di Depok dan di Kabupaten Bekasi. Itu semua akan dilaksanakan pada 23 Maret," pungkasnya.

Reporter : Nur Habibie

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.