Sukses

5 Hal Terkait Wafatnya Habib Musthofa bin Jafar Assegaf

Petinggi majelis Nurul Musthofa, Habib Musthofa bin Jafar Assegaf meninggal dunia pada Minggu malam, 14 Maret 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Petinggi majelis Nurul Musthofa, Habib Musthofa bin Jafar Assegaf meninggal dunia pada Minggu malam, 14 Maret 2021.

Kabar duka tersebut disampaikan kerabat dekat almarhum Habib Musthofa bin Jafar Assegaf yaitu Hassan Jafar Umar Assegaf.

"Innalilahi Wainna Ilaihi rojiun, telah kembali ke rahmatullah Alhabibul Mahbub Musthofa Bin Jafar Assegaf pada ini malam 1 Syahban 1442 H," ujar Hassan dalam video tersebut.

Kemudian, pendakwah Ustaz Yusuf Mansur mengungkapkan Habib Musthofa bin Jafar Assegaf wafat saat tengah mengikuti acara maulid Nabi.

"Innaa Lillahh... yu kawan-kawan doain Habib Musthofa... bin habib jafar assegaf. Wafatnya lagi baca maulid. Yaa Rabb.. di majlis maulid," tulis Yusuf Mansur dalam IG-nya, @yusufmansurnew, yang dikutip Liputan6.com, Senin (15/3/2021).

Sementara itu, mengingat wafatnya Habib Musthofa bin Jafar Assegaf di tengah pandemi Corona, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok melakukan koordinasi.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok Dadang Wihana menuturkan, pihaknya memastikan penjagaan dan pengawasan protokoler kesehatan di area pemakaman Habib Musthofa Bin Jafar Assegaf di Masjid Nurul Mustofa Center di Jalan Raya Kampung Sawah,Cilodong, Kota Depok telah dilakukan.

Berikut 5 hal terkait wafatnya Habib Musthofa bin Jafar Assegaf dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dikabarkan Kerabat

Kabar duka datang dari majelis Nurul Musthofa. Habib Musthofa bin Jafar Assegaf yang merupakan petinggi majelis ilmu tersebut meninggal dunia pada Minggu malam, 14 Maret 2021.

Kabar itu disampaikan oleh Hassan Jafar Umar Assegaf, yang juga kerabat dekat almarhum. Hassan menyampaikan duka cita tersebut dalam video yang terunggah di Instagram Yusuf Mansur.

"Innalilahi Wainna Ilaihi rojiun, telah kembali ke rahmatullah Alhabibul Mahbub Musthofa Bin Jafar Assegaf pada ini malam 1 Syahban 1442 H," kata Hassan dalam video tersebut.

 

3 dari 6 halaman

Dimakamkan Bada Dzuhur

Kemudian, Hassan mengungkapkan, jenazah Habib Musthofa dimakamkan usai salat dzuhur. Dia akan dimakamkan di dekat makam ibundanya, Fatma binti Hasan Al Athos.

"Insya Allah akan disemayamkan bada sholat Dzuhur untuk menguburkan beliau di samping makam ibundanya Syarifah Fatma binti Hasan Al Athos di Masjid Nurul Musthofa," jelas Hassan.

 

4 dari 6 halaman

Wafat saat Ikuti Maulid

Ustaz Yusuf Mansur menyebut Habib Musthofa bin Jafar Assegaf wafat saat tengah mengikuti acara maulid Nabi. Ia meninggal saat membacakan bacaan Maulid.

"Innaa Lillahh... yu kawan-kawan doain Habib Musthofa... bin habib jafar assegaf. Wafatnya lagi baca maulid. Yaa Rabb.. di majlis maulid," tulis Yusuf Mansur dalam IG-nya, @yusufmansurnew, yang dikutip Liputan6.com, Senin (15/3/2021).

 

5 dari 6 halaman

Satgas Covid-19 Pastikan Pemakaman Ikuti Protokol Kesehatan

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok Dadang Wihana menuturkan, pihaknya memastikan penjagaan dan pengawasan protokoler kesehatan di area pemakaman Habib Musthofa Bin Jafar Assegaf di Masjid Nurul Mustofa Center di Jalan Raya Kampung Sawah,Cilodong, Kota Depok telah dilakukan.

Dadang mengatakan, penjagaan untuk penerapan protokol kesehatan telah dilaksanakan dengan aparat gabungan. Dishub, Satpol PP, Polrestro Depok, dan Kodim 0508/Depok telah meminta para jamaah untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Kami sudah berkoordinasi untuk membantu pengaturan dan penerapan protokol kesehatan," ucap Dadang di lokasi, Senin (15/3/2021).

Dadang menjelaskan, telah melakukan pembatasan jalan yang menuju akses ke Masjid Nurul Mustofa.

Pembatasan jalan tersebut di Pasar Pucung dari arah GDC menuju Masjid Nurul Mustofa dikarenakan jumlah jamaah terus bertambah.

Selain itu, jamaah yang datang diminta untuk tetap mengenakan masker, mencuci tangan dan melakukan cek suhu tubuh.

"Kami sudah menutup jalan di area Pasar Pucung karena jumlah jamaah yang datang terus bertambah," pungkas Dadang.

 

6 dari 6 halaman

Sosok Habib Musthofa bin Jafar Assegaf di Mata Jemaah

Ratusan jamaah memadati halaman Masjid untuk mengikuti prosesi Pemakaman Habib Mustofa Bin Jafar Assegaf.

Salah seorang jamaah, Zainal (32) mengatakan, dirinya mendatangi Masjid Nurul Mustofa untuk menyaksikan langsung prosesi pemakaman dan menyolatkan Habib Mustofa bin Jafar Assegaf.

Menurutnya, kedatangan jemaah bukan hanya dari Kota Depok namun berasal dari Jabodetabek yang selalu mengikuti pengajian Habib Mustofa Bin Jafar Assegaf.

"Saya datang dari Condet untuk melihat langsung Almarhum habib," ujar Zainal, Senin (15/3/2021).

Zainal mengungkapkan, Almarhum dikenal jemaah sebagai panutan dalam mendalami dan mengamalkan ilmu agama.

Dia menilai, tidak sediki jemaah yang mengikuti figur Habib Mustofa Bin Jafar Assegaf. Meninggalnya Habib memberikan kesan yang mendalam kepada dirinya maupun jemaah yang mengikuti pengajiannya.

"Kami merasa kehilangan sosok Habib yang memberikan pencerahan tentang agama dalam kehidupan kami," tutup Zainal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.