170 Sekolah di Kabupaten Bogor Mulai Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Oleh Nafiysul Qodar pada 15 Mar 2021, 11:58 WIB
Diperbarui 15 Mar 2021, 11:59 WIB
Intip Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Bekasi
Perbesar
Sejumlah murid mengikuti kegiatan belajar di SD Negeri 6, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (4/8/2020). Pemerintah setempat memberikan izin kepada enam sekolah untuk melakukan uji coba pembelajaran tatap muka selama satu bulan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Bogor - Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor mulai menggelar uji coba pembelajaran tatap muka di tengah situasi pandemi Covid-19. Total ada 170 sekolah yang melaksanakan uji coba tersebut.

"Dari jumlah 232 sekolah yang diusulkan hasil verifikasi dan validasi yang lolos berjumlah 171 sekolah, dan ada satu sekolah MTs yang mengundurkan diri. Jadi total izin yang dikeluarkan Disdik sebanyak 170 sekolah," ujar Bupati Bogor Ade Yasin di Cibinong, Senin (15/3/2021).

Ratusan sekolah yang melaksanakan uji coba terdiri dari 29 SD Negeri, 24 Madrasah Ibtidaiah (MI), 28 SMP, 18 Madrasah Tsanawiah (MTs), tujuh Madrasah Aliyah (MA), 32 SMA, dan 32 SMK.

"Pembelajaran tatap muka dilaksanakan di setiap kecamatan satu jenjang pendidikan dari mulai SD, MI, SMP, MTs, SMA, MAN, dan SMK," kata Ade Yasin yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor itu.

Ade Yasin menyebutkan bahwa uji coba dilaksanakan selama satu bulan, terhitung mulai 9 Maret-10 April 2021. Jika pada pelaksanaannya terdapat siswa atau guru yang positif Covid-19, maka pembelajaran di sekolah tersebut kembali dilakukan secara daring atau online.

Selain itu, satuan pendidikan yang diizinkan melaksanakan sekolah tatap muka juga tetap harus melayani pembelajaran secara daring jika orangtua siswa tak memberi izin anaknya ke sekolah.

"Namun berdasarkan hasil verifikasi dan validasi, sekitar 72-95 persen orangtua siswa menyetujui untuk dilaksanakan (sekolah tatap muka)," kata Ade Yasin dikutip dari Antara.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

PPKM Mikro di Kabupaten Bogor Diperpanjang

Intip Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Bekasi
Perbesar
Seorang murid mencuci tangan sebelum memasuki sekolah SD Negeri 6, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (4/8/2020). Pemerintah setempat memberikan izin kepada enam sekolah untuk melakukan uji coba pembelajaran tatap muka selama satu bulan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pemkab Bogor membolehkan uji coba pembelajaran tatap muka seiring perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang efektif berlaku pada 9-22 Maret 2021.

Aturan tersebut dituangkan dalam Keputusan Bupati (Kepbup) Bogor bernomor 443/202/Kpts/Per-UU/ 2021 tentang PPKM berskala mikro.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

10 Jurus Cegah Klaster Sekolah Tatap Muka

Infografis 10 Jurus Cegah Klaster Sekolah Tatap Muka
Perbesar
Infografis 10 Jurus Cegah Klaster Sekolah Tatap Muka (Liputan6.com/Triyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya