Sukses

Pengunjung Ragunan Hari Kedua Beroperasi Capai 3 Ribu Orang

Taman Margasatwa Ragunan akan kembali beroperasi pada Selasa-Minggu.

Liputan6.com, Jakarta - Pengunjung Taman Margasatwa Ragunan (TMR) Jakarta hingga Minggu siang pukul 12.00 WIB mencapai lebih dari tiga ribu orang. Angka ini hampir mendekati jumlah pengunjung sebelum pandemi Covid-19 yang mencapai lima ribu pengunjung per hari.

"Sekitar jam 12 saja sekitar tiga ribu lebih. Kalau sebelum pandemi sih bisa lima ribuan sih," ujar Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Ketut Widarsana kepada Liputan6.com, Minggu (14/3/2021).

Kendati banyak pengunjung, Ketut mengungkap pihaknya tetap menegakkan aturan protokol kesehatan di sana. Menurutnya aturan soal pengunjung pun masih sama, yakni 50 persen dari total kapasitas.

"Kita juga terapkan 50 persen juga. Kita sih (selama pandemi) membatasi pengunjung di lima ribu orang. Kita tidak batasi pengunjung datang jam berapa aja, yang penting kita siapkan prokes gitu. Biasanya sih agak pagi," ucapnya.

Untuk mencegah kerumunan timbul di area Ragunan, Ketut menuturkan bahwa pihaknya menyiapkan petugas yang selalu bekerja untuk mengingatkan pengunjung agar mematuhi prokes.

"Kita juga ada petugas yang berkeliling, menyiapkan mobil operasional untuk melarang masyarakat berkerumun di atas lima orang, jangan sampai menggelar makanan di lapangan dengan jumlah yang banyak. Tapi sementara ini gak ada, semua aman ya," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Mulai Dibuka

Menurut Ketut, kebijakan pengunjung kali ini berbeda dengan sebelumnya. Di mana pengunjung TMR tak hanya dari Jakarta namun kini bisa dari luar Jakarta.

"Kitakan untuk yang pembukaan sekarang ini di masa penerapan PPKM kita tidak lagi membatasi khusus warga DKI, kita di luar warga DKI juga sudah diizinkan ya. Tapi untuk anak-anak, ibu hamil dan lansia tetap nggak boleh," ungkap Ketut.

TMR telah dibuka sejak Sabtu kemarin. Saat itu jumlah pengunjung mencapai seribuan orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.