Sukses

Ketua DPD: Jadikan Nyepi Momen Temukan Makna Kehidupan

Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti menyebut perayaan Nyepi ini bisa dijadikan sebagai momen untuk menemukan makna kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan sejumlah harapan pada perayaan Hari Raya Nyepi Saka 1943.

La Nyalla berharap, perayaan Nyepi ini bisa dijadikan sebagai momen untuk menemukan makna kehidupan. Tak lupa, dia juga menyampaikan selamat merayakan Hari Raya Nyepi kepada seluruh umat Hindu.

"Sebagai Ketua DPD RI, saya mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi untuk seluruh umat Hindu. Nyepi artinya sepi, dengan filosofi umat Hindu memohon kepada Tuhan, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, untuk melakukan penyucian Buana Alit (manusia) dan Buana Agung (alam dan seluruh isinya)," ujar La Nyalla dalam keterangan tertulis, dilansir Antara, Minggu (14/3/2021).

Senator asal Jawa Timur itu menuturkan manusia akan mengintrospeksi diri dalam keheningan, dengan menjauh dari hiruk pikuknya kehidupan dan semua nafsu atau keserakahan.

"Umat Hindu seperti umat beragama lainnya, memiliki waktu perayaan keagamaan khusus. Nyepi merupakan perenungan diri, dengan sepi diharapkan dapat menemukan makna-makna suci kehidupan agar kita tidak terperosok pada kesalahan yang sama," tutur La Nyalla.

Mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur itu menyebut, Hari Raya Nyepi harus dimaknai dengan baik.

"Dengan semangat Nyepi, bangsa ini harus introspeksi. Dengan makna sepi kita diharapkan menemukan peta jalan menuju kebaikan masa bangsa lepas dari segala bentuk ancaman," jelas mantan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan Selamat Hari Raya Nyepi Saka 1943 kepada umat Hindu yang merayakan.

Jokowi mengajak masyarakat menjadikan peringatan Nyepi 2021 untuk merenungkan karunia yang diberikan oleh Sang Pencipta.

"Dalam hening dan sepi, kita menyelam ke lubuk hati, merenungkan karunia hidup dari Sang Pencipta," tulis Jokowi melalui akun instagramnya @jokowi, Minggu (14/3/2021).

Dia berharap melalui renungan itu dapat membuat dendam dan rasa dengki di diri manusia menjadi luruh. Jokowi juga mengajak masyarakat terus optimisme.

"Maka meluruhlah amarah, dendam, dan rasa dengki. Dan kita pun bangkit dengan penuh semangat dan optimisme," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.