VIDEO BERANI BERUBAH: Lawan Covid-19 ala Kampung Tangguh

VIDEO BERANI BERUBAH: Lawan Covid-19 ala Kampung Tangguh

Tak terasa setahun telah berlalu sejak pandemi Covid-19 tiba di Tanar Air. Pada 02 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama yang berlokasi di Depok, Jawa Barat. Kini, masyarakat sudah harus hidup berdampingan dengan virus asal Wuhan ini.

Setelah banyak ledakan kasus terjadi dan korban semakin bertambah, pihak pemerintah, kepolisian, maupun warga akhirnya saling bekerja bahu-membahu untuk mengurangi angka penyebaran. Salah satu upaya tersebut dilakukan oleh warga Kampung Tangguh RW 02 Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Kampung Tangguh sendiri adalah nama yang diberikan kepada daerah tempat tinggal warga yang berhasil beralih dari zona merah menjadi zona hijau. Kampung Tangguh jugalah merupakan upaya dari tiga unsur pilar seperti polisi, TNI, dan pemerintah daerah.

Selain menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dan taat, warga juga didorong untuk berbudidaya demi meningkatkan ketahanan pangannya. Khusus untuk warga Kampung Tangguh RW 02 di Menteng ini, warga memelihara ikan lele dan juga sayur hidroponik. Selain itu, warga juga diminta untuk saling peduli satu sama lain, terutama bila ada yang terpapar.

Berkat upaya yang gigih, pada tanggal 10 Februari 2021 Kampung Tangguh RW 02 Pegangsaan, Kecamatan Menteng dinyatakan keluar dari zona merah sejak dinyatakan demikian pada awal Januari 2021. Meski begitu, warga tetap waspada dan taat akan protokol kesehatan.

Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan 6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

Ingin tahu cerita lengkapnya, simak dalam video berikut ya.

Ringkasan

Oleh Ratu Annisaa Suryasumirat, Raden Asmoro Katon, Rio Pangkerego pada 15 March 2021, 06:00 WIB

Video Terkait

Spotlights