Sukses

Alasan Pemprov DKI Kembali Buka Taman Margasatwa Ragunan

Kebun binatang Ragunan yang ada di Jakarta Selatan kembali beroperasi mulai Sabtu 13 Maret 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI membuka kembali Taman Margasatwa Ragunan karena angka kasus Covid-19 di ibu kota trennya semakin menurun.

Kebun binatang Ragunan yang ada di Jakarta Selatan itu kembali beroperasi mulai Sabtu 13 Maret 2021.

"Alhamdulillah, angka Covid-19 di Jakarta terus menurun," kata Riza kepada wartawan di Jakarta, Sabtu 13 Maret 2021.

Riza mengatakan bahwa penurunan kasus Covid-19 dapat dilihat dari data angka kesembuhan masyarakat dari virus corona di DKI Jakarta yang mencapai 96 persen.

Riza menambahkan, jumlah tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di DKI Jakarta juga saat ini terus meningkat hingga sudah melebihi standar yang ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO).

"Jadi kami terus meningkatkan tes PCR. Total yang sudah kami tes PCR, menurut data di sini sudah 3.207.708. Belum tes PCR spesimen sudah 3,9 juta, hampir 4 juta," kata Riza dikutip dari Antara.

Dengan pencapaian tersebut, Pemprov DKI ingin masyarakat di Jakarta bisa beraktivitas seperti normal lagi asal tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Selain itu, kata Riza, Pemprov DKI memastikan upaya testing, tracing, dan treatment (3T) tetap menjadi perhatian di objek wisata guna mencegah angka Covid-19 di Jakarta kembali meningkat.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Luar Jakarta Boleh Masuk Ragunan

Sebelumnya, Taman Margasatwa Ragunan kembali membuka pelayanan mulai Sabtu 13 Maret 2021 dengan menetapkan kuota pengunjung sebanyak 5.000 orang atau sekitar 50 persen dari kapasitas area tersebut.

Kepala Satuan Unit Pelaksana Promosi Ragunan Ketut Widarsana mengatakan pihaknya juga sudah membolehkan warga dari luar Jakarta untuk berkunjung ke Ragunan.

Hal itu berbeda dengan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lalu karena hanya warga DKI Jakarta yang dibolehkan berkunjung.

Untuk proses registrasi dan tiket tetap dilakukan secara daring dan saat berkunjung ke Ragunan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Mulai hari ini, kami sudah tidak mewajibkan, warga mana saja boleh, warga DKI boleh, warga luar boleh. Yang penting mendaftar secara daring saja. Kalau mau datang berkelompok, kami memang membatasi maksimal lima orang dalam sekali pendaftaran,” kata Widarsana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.