Sukses

5 Hal Menarik Saat Taman Margasatwa Ragunan Kembali Dibuka untuk Umum

Menurunnya kasus Covid-19 di Ibu Kota menjadi alasan Pemprov DKI membuka kembali membuka Kebun binatang Ragunan yang ada di Jakarta Selatan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 di DKI Jakarta membuat sejumlah destinasi wisata di ibu kota ditutup sementara untuk mencegah terjadinya penularan. Salah satunya adalah Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan.

Namun, sejak ditutup Desember 2020 lalu, salah satu destinasi favorit keluarga tersebut kembali dibuka oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Tepatnya mulai Sabtu, 13 Maret 2021.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkap alasan pihaknya membuka kembali Kebun Binatang Ragunan karena angka kasus Covid-19 di ibu kota yang cenderung turun. 

"Alhamdulillah, angka Covid-19 di Jakarta terus menurun," kata Riza kepada wartawan di Jakarta, Sabtu 13 Maret 2021.

Bahkan kini, warga di luar Jakarta pun sudah diperbolehkan berkunjung. Meski begitu, jumlah dibatasi hingga 50 persen dari total kapasitas.

Tak hanya itu, pengunjung Ragunan bahkan diperbolehkan berjalan-jalan di kawasan kebun dengan bersepeda sambil berolahraga.

Berikut deretan hal menarik saat Taman Margasatwa Ragunan kembali dibuka untuk umum per Sabtu, 13 Maret 2021: 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dibanjiri Ribuan Pengunjung

Taman margasatwa Ragunan kembali dibuka untuk umum setelah tidak beroperasi selama pembatasan aktivitas masyarakat. Hingga Sabtu kemarin, sekitar pukul 17.00 WIB, data pengunjung Ragunan mencapai 1.331 orang.

"Jumlah pengunjung hari ini sebanyak 1.331 orang, ada yang menggunakan sepeda motor, kendaraan pribadi roda empat, sepeda dan menggunakan transportasi umum," ucap Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsana, Jakarta, Sabtu, 13 Maret 2021.

Widarsana menyampaikan, jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan akan terus dibatasi setengah dari kapasitas, selama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menerapkan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat.

"Kita batasi 50 persen kapasitas, ya setara lima ribuan pengunjung," katanya.

3 dari 6 halaman

2. Kembali Beroperasi pada Selasa-Minggu

Taman Margasatwa Ragunan akan kembali beroperasi pada Selasa-Minggu. Senin, merupakan hari libur operasional. Manajemen membiarkan para satwa menghabiskan waktu tanpa keramaian pengunjung.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsana mengatakan, masyarakat bisa datang ke Ragunan mulai pukul 07.30 WIB.

"Sudah buka mulai hari ini, mulai pagi jam 07.30 WIB, tutup loket 14.30 WIB," ujar Ketut saat dikonfirmasi, Sabtu, 13 Maret 2021.

4 dari 6 halaman

3. Warga Luar Jakarta Sudah Bisa Berkunjung

Selain itu, warga di luar Jakarta juga sudah berkunjung. Sebelumnya, Widarsana juga menyebut, selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro saat ini, pihaknya sudah membolehkan warga dari luar Jakarta untuk berkunjung ke Ragunan.

Hal itu berbeda dengan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lalu karena hanya warga DKI Jakarta yang dibolehkan berkunjung.

Untuk proses registrasi dan tiket dilakukan tetap dilakukan secara daring dan saat berkunjung ke Ragunan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Pengunjung dibatasi 50 persen dari total kapasitas. Pakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak tetap dijalanka dan ukur suhu," ucapnya.

Dia menambahkan bawah semua wahana kini juga telah dibuka. Termasuk tempat bermain dan pusat primata. 

 

5 dari 6 halaman

4. Diperbolehkan Bersepeda

Taman Margasatwa Ragunan juga memperbolehkan pengunjung bersepeda di dalam kawasan itu. Dengan syarat berhati-hati dan tidak kebut-kebutan agar tidak mengganggu peminat lainnya.

"Kami tidak membatasi, silakan menggunakan sepeda asalkan berhati-hati, jangan mengebut dan segala macam. Paling itu," kata Kepala Satuan Unit Pelaksana Promosi Ragunan, Ketut Widarsana, di Jakarta, yang dikutip dari Antara, Sabtu.

Widarsana melihat adanya fenomena pengunjung membawa sepeda memasuki Taman Margasatwa Ragunan untuk berolahraga.

Ia menilai fenomena tersebut wajar saja, apalagi memang udara yang sejuk dan segar di Ragunan sangat cocok untuk berolahraga.

Selain itu, di dalam Taman Margasatwa Ragunan juga ada jalan yang cukup luas dan panjang untuk dipakai bersepeda.

Widarsana mengatakan pengunjung yang ingin memakai sepeda sendiri di Taman Margasatwa Ragunan hanya dikenakan tarif masuk tambahan sebesar Rp 1.000.

"Kalau pengunjung tanpa sepeda hanya Rp 4.000. Kalau pengunjung yang bersepeda tambah seribu, menjadi Rp5.000," jelasnya.

6 dari 6 halaman

5. Alasan Kembali Dibuka

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI membuka kembali Taman Margasatwa Ragunan karena angka kasus Covid-19 di ibu kota trennya semakin menurun.

Riza mengatakan bahwa penurunan kasus Covid-19 dapat dilihat dari data angka kesembuhan masyarakat dari virus corona di DKI Jakarta yang mencapai 96 persen.

Riza menambahkan, jumlah tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di DKI Jakarta juga saat ini terus meningkat hingga sudah melebihi standar yang ditetapkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO).

"Jadi kami terus meningkatkan tes PCR. Total yang sudah kami tes PCR, menurut data di sini sudah 3.207.708. Belum tes PCR spesimen sudah 3,9 juta, hampir 4 juta," kata Riza dikutip dari Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.