Sukses

Kemendagri Sebut Tahapan Pemilu 2024 Dimulai Tahun Depan

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar menyebut persiapan Pemilu 2024 akan dimulai pada 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar menyebut persiapan Pemilu 2024 akan dimulai pada 2022. Bahtiar mengatakan, UU Pemilu menyebutkan perlu 20 bulan untuk menyiapkan tahapan.

Oleh karena itu, jika pemilu digelar sekitar Maret 2024, tahapan akan digelar sekitar Juli atau Agustus 2022.

"Pemilu 2024 misal bulan 4 bulan 3 kita laksanakan kalau kita tarik praktis sebenarnya tahun depan bulan Juli bulan Agustus, itu sebenarnya tahapan Pemilu sudah kita mulai," ujar Bahtiar dalam diskusi, Jakarta, Sabtu (13/3/2021).

Bahtiar mengatakan, pemerintah sudah harus menyiapkan anggaran untuk Pemilu 2024 pada tahun depan. Dia menilai KPU juga harus menyiapkan berbagai hal untuk 2024. 

Menurut dia, ini merupakan momentum positif untuk menyiapkan segalanya. Jangan sampai terjadi pengalaman sebelumnya, seperti Silon dan e-Rekap misalnya yang justru bikin masalah yang tidak perlu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terlalu Banyak Formulir

Ditambah, Pemilu ini disarankan lebih disederhanakan. Bahtiar mengatakan, Pemilu di Indonesia terlalu banyak formulir. Seharusnya bisa dipangkas agar tidak terlalu memakan waktu.

"Kenapa hal seperti ini tidak disederhanakan sehingga tak sita waktu terlalu banyak yang tidak substantif," ujar Bahtiar.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.