Emil Dardak Ganti Pengurus DPC Demokrat di Jatim yang Ikut KLB

Oleh Liputan6.com pada 11 Mar 2021, 09:44 WIB
Diperbarui 11 Mar 2021, 09:44 WIB
Tiba di Surabaya, Jelajah Kebangsaan Dihadiri Menhub dan Wagub Jatim
Perbesar
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak memberi pemaparan dalam dialog Jelajah Kebangsaan di Stasiun Gubeng, Surabaya, Kamis (21/2). Dialog bertema 'Mengikuti Semangat Arek Surabaya dalam mempersiapkan Indonesia Emas 2045'. (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak membenarkan pihaknya menemukan sejumlah pengurus DPC Demokrat di Jatim ikut Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Ada unsur DPC, istilahnya sempat terpapar ikut di KLB di Deli Serdang. Beberapa orang, bisa dihitung pakai jari, satu tangan," kata Emil, Rabu 10 Maret 2021.

Dia menuturkan, pihak-pihak yang mendukung KLB Demokrat yang dipandangnya tidak sah, jelas melanggar etika organisasi.

"Siapapun yang mendukung (KLB Deli Serdang), yang didukung itu konsep melanggar etika organisasi, itu sebabnya mereka direplace (diganti)," ungkap Emil.

Dia menuturkan, sesuai pengakuan anggotanya yang terlibat, mereka menyadari jika KLB Demokrat itu tak seperti yang diharapkan.

"Mereka yang ke sana, menyaksikan bagaimana situasi di sana sangat tidak sesuai harapan. Dan merasa prosesnya kayak bukan sebuah kongres formil resmi dan serius," kata Wakil Gubernur Jawa Timur ini.

 

Jatim Mendukung AHY

Emil menyebut, para kader yang sempat terpapar itu mau memberikan testimoni dan mendukung kembali demokrat yang sah.

"Mereka berkenan untuk memberi testimoni dan mendukung upaya kepengurusan Demokrat yang sah, bergabung bersama kami untuk mempertahankan," kata dia.

Meski demikian, Emil mengklaim bahwa Demokrat di seluruh Jatim masih solid dan setia kepada kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Informasi yang dihimpun menyebutkan, beberapa pengurus yang terpapar KLB Deli Serdang diduga berasal dari DPC Demokrat Ngawi dan DPC Demokrat Sumenep. Mereka terdiri dari unsur pimpinan di DPC Demokrat Ngawi dan Sumenep. Posisi mereka pun sudah diganti dengan pelaksana tugas. Mereka kini dalam pengawasan dan evaluasi DPD Demokrat Jatim.

 

 

 

Reporter: Erwin Yohanes

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓