Digadang Jadi Capres, Airlangga Hartarto Butuh Dukungan Solid Kader Golkar

Oleh Liputan6.com pada 10 Mar 2021, 09:45 WIB
Diperbarui 10 Mar 2021, 10:39 WIB
Partai Golkar Bimtek Pilkada Serentak
Perbesar
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto saat menghadiri bimbingan teknis pilkada serentak 2020 di Jakarta, Minggu (30/8/2020). Bimbingan teknis membahas sosialisasi peraturan perundang undangan dalam rangka pilkada serentak tahun 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin mengatakan langkah kader-kader Partai Golkar yang mulai mengajukan Airlangga Hartarto (AHA) sebagai Calon Presiden (Capres) 2024 sudah tepat.

"Sudah tepat. Artinya Golkar jauh-jauh hari sudah mengajukan Airlangga sebagai Capres 2024 yang akan datang,” kata Ujang saat dihubungi, Selasa (9/3/2021).

Ujang berpendapat meskipun Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih lama, namun pengajuan AHA sebagai Capres 2024 merupakan hal yang baik dan juga bagus untuk masyarakat agar bisa menilai. Selain itu, menurutnya hal tersebut bisa membuat kader Partai Golkar solid menuju Pemilu 2024.

"Ini hal baik, karena rakyat akan terus menilai Airlangga sejak saat ini dan ke depan. Rakyat bisa menilai kinerja dan mempelajari track record-nya dengan baik, agar tak memilih kucing dalam karung,” ujar Ujang.

"Dan mungkin juga agar kader Golkar solid mensukseskan Airlangga sebagai Capres,” sambung Ujang.

Terkait peluang Airlangga di 2024, Dosen Politik Universitas Al-Azhar ini menilai AHA memiliki peluang yang bagus sebagai capres di 2024,karena tidak ada calon inkumben pada Pilpres 2024.

"Soal kans, semuanya punya kans, termasuk Airlangga. Karena kita tahu di 2024 tak ada incumbent. Jadi pertarungan bebas,” jelas Ujang.

 

2 dari 3 halaman

Aspirasi Kader

Sebelumnya, wacana pengajuan nama AHA sebagai Capres 2024 makin mencuat di Golkar pasca Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar pada 5-6 Maret di Jakarta.

Meski secara resmi tidak ada deklarasi ataupun pengumuman pencapresan, namun Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia sempat mengatakan, Rakernas dan Rapimnas Partai Golkar yang menunjukkan aspirasi dari arus bawah yang menginginkan Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto untuk dicalonkan sebagai Capres. 

Senior Partai Golkar, Agung Laksono juga telah mendeklarasikan AHA sebagai Capres 2024. Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (Kosgoro) 1957 ini meminta AHA, agar siap menjadi Capres 2024, karena merupakan kader terbaik Partai Golkar.

"Kosgoro 1957 mendesak Partai Golkar untuk segera mencalonkan Airlangga Hartarto sebagai kader terbaik Partai Golkar menjadi Calon Presiden pada Pemilu 2024," kata Agung Laksono usai Mubes IV Kosgoro 1957 di Cirebon, Minggu (7/3/2021)

"Mas Airlangga harus bersedia dan siap menjadi Capres pada Pemilihan Presiden 2024. Bukan hanya sosialisasi dalam bentuk baliho spanduk, billboard tapi juga menjelaskan prestasi dari Mas Airlangga," tambah Agung Laksono.

3 dari 3 halaman

Saksikan Videi Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓