Sukses

Top 3 News: Aprilia Manganang Dipastikan Laki-Laki

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa mengonfirmasi Serda Aprilia Manganang, eks pemain Timnas Bola Voli Putri berjenis kelamin pria.

Liputan6.com, Jakarta Mantan pemain Timnas Bola Voli Putri, Aprilia Manganang dipastikan berjenis kelamin pria dari hasil pemeriksaan medis di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Berita ini menjadi terpopuler pertama di top 3 news, Selasa, 9 Maret 2021.

Ada pun pemeriksaan yang dilakukan Aprilia Manganang meliputi kadar hormon testoteron, urologi, hingga MRI.

Untuk diketahui, sejak Aprilia dilahirkan dia sudah memiliki kelainan pada sistem reproduksinya yang disebut hipospadia. Hal ini diungkap Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Reaksi Aprilia Manganang usai mengetahui dirinya berjenis kelamin laki-laki juga tak kalah menuai sorotan. Anggota TNI ini mengaku bahagia dan bersyukur. Menurutnya, momen ini seakan menjadi mimpinya yang terwujud setelah 28 tahun menunggu.

Sementara itu, dari Konggres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), isu adanya peserta yang dijanjikan uang Rp 100 juta mencuat ke permukaan.

Terkait hal ini, kubu Demokrat pro KLB, Hencky Luntungan menjelaskan bahwa uang yang diberikan nilanya tidak sampai Rp 100 juta. Menurutnya uang tersebut sebagai uang jalan serta akomodasi yang telah dikeluarkan oleh peserta yang hadir pada Jumat, 5 Maret 2021.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa, 9 Maret 2021:

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. TNI AD Pastikan Aprilia Manganang Tentara dan Atlet Voli Perempuan Adalah Laki-Laki

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa mengonfirmasi Serda Aprilia Manganang, eks pemain Timnas Bola Voli Putri berjenis kelamin pria. Hal tersebut baru diketahui usai pemeriksaan medis pada Februari 2021 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

"Saat dilahirkan dia punya kelainan pada sistem reproduksinya, hipospadia," tutur Andika di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

Menurut dia, pemeriksaan medis tersebut sangat diterima dan ditunggu oleh Serda Aprilia. Sebab, sejak kecil pun Aprilia mengaku merasakan adanya perbedaan antara dirinya dengan perempuan lain.

"Sebetulnya kelainan pada sistem reproduksi ini cukup sering terjadi, jadi bahkan menempati peringkat kedua dari jumlah kasus yang biasa terjadi untuk kelahiran bayi laki-laki. Menurut data, di setiap bayi laki yang lahir ada satu yang alami kelainan. Atau empat orang setiap seribu kelahiran bayi laki-laki," jelas dia soal Serda Aprilia Manganang.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Kubu KLB Demokrat: Bukan Dijanjikan Rp 100 Juta, Tapi Mengembalikan Uang Jalan

Kubu Demokrat Pro Kongres Luar Biasa (KLB), Hencky Luntungan membantah peserta dijanjikan uang Rp 100 juta.

Menurut dia, yang dibagikan di KLB hanya ada uang akomodasi yang diberikan, dan nilainya tidak mencapai Rp 100 juta.

"Itu kan sebuah cerita yang dijadikan opini, membuktikan sebetulnya bahwa kami tidak memberikan Rp 100 juta, hanya mengembalikan uang jalan, akomodasi," kata Hencky, Selasa (9/3/2021).

Dia justru balik bertanya soal tudingan Rp 100 juta ke kader Demokrat yang hadir di KLB.

Dia bahkan mengklaim para panitia KLB Demokrat juga patungan untuk biaya akomodasi.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Aprilia Manganang Usai Terkonfirmasi Pria: Ini Momen Bahagia yang Saya Tunggu

Pensiunan atlet Timnas Bola Voli Putri, Serda Aprilia Manganang mengaku lega dan bahagia setelah menjalani pemeriksaan medis terkait jenis kelaminnya. Ternyata, sejak kecil, dia memanglah seorang pria.

"Ini momen yang sangat saya tunggu-tunggu, bahagia banget. Puji Tuhan Yesus saya bisa lewati ini, dan saya bersyukur Tuhan pakai bapak dan ibu untuk pertemukan saya," tutur Aprilia Manganang lewat virtual yang ditampilkan di Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

Aprilia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Andika Perkasa dan para dokter RSPAD Gatot Subroto yang telah memberikan fasilitas pemeriksaan tersebut.

"Saya terima kasih ke dokter yang sudah bantu saya, saya sangat bahagia, selama 28 tahun saya menunggu keinginan saya dan akhirnya tahun ini tercapai," jelas Aprilia.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.