Sukses

13 Pelanggar Prokes di Kelapa Dua Disanksi Menyapu Jalan 60 Menit

13 warga yang kedapatan tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah langsung dilakukan pendataan dan penindakan.

Liputan6.com, Jakarta Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat kembali menggelar Operasi Tertib Masker (Tibmask). Kegiatan ini bertujuan meningkatkan disiplin masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan (prokes) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kepala Satpol PP Kelurahan Kelapa Dua, Isyap Syarifuddin mengatakan, kali ini Operasi Tibmask digelar di Jalan Raya Kelapa Dua. Hasilnya, 13 warga yang kedapatan tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah langsung dilakukan pendataan dan penindakan.

"Para pelanggar ini kami jatuhi sanksi kerja sosial berupa menyapu jalan selama 60 menit," ujar Isyap, Senin (8/3/2021).

Dikatakan Isyap, kegiatan ini berdasarkan Pergub No 3 Tahun 2021 Tentang Peraturan Pelaksanaan Perda No 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19 serta Kepgub No 172 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro.

"Kami berharap warga semakin disiplin mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," tandasnya seperti dikutip BeritaJakarta.id.

Sebelumnya, sebanyak 10 pelanggar tertib masker di wilayah Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, diberikan sanksi kerja sosial membersihkan sampah, Minggu (7/3/2021).

Kasatpol PP Kecamatan Kebayoran Lama, Effendi mengatakan, para pelanggar itu terjaring di Jalan Raya Kebayoran Lama dan sekitar Perumda Pasar Jaya, Kelurahan Kebayoran Lama Utara.

"Kami kerahkan 20 personel satpol PP kecamatan dan kelurahan dalam giat tertib masker ini," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah Penyebaran Covid-19.

Menurut Effendi, pihaknya rutin menggelar pengawasan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, dalam upaya mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19.

"Semoga kedisplinan masyarakat semakin tinggi untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah," tandasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.