Sukses

Menkes: Kontak Erat 2 Pasien Covid-19 B117 di Karawang Dites, Hasilnya Negatif

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya telah melakukan pengetesan kepada semua kontak erat pasien positif terpapar varian baru virus Corona atau Covid-19 B117.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan pihaknya telah melakukan testing (pengetesan) kepada semua kontak erat pasien positif terpapar varian baru virus Corona B117. Hasilnya, semua kontak erat mereka dinyatakan negatif dari varian baru Covid-19 asal Inggris itu.

"Untuk 2 kasus pertama yang datang dari Arab Saudi, kasus Karawang itu semua kontak eratnya sudah dites dan mereka negatif," kata Budi Gunadi dalam konferensi pers, Senin (8/3/2021).

Dia mengaku bersyukur karantina di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten cukup baik. Sehingga, dua pasien langsung mendapatkan penanganan begitu dinyatakan positif terpapar virus Covid-19B117.

"Mereka sehat, (sudah) sembuh dan mereka dilepas ke Karawang rumahnya dalam kondisi sudah tidak menularkan penyakit," kata dia.

Hingga kini, total ada 6 kasus varian baru Covid-19 B117 di Indonesia. Adapun empat kasus baru disampaikan Budi Gunadi pada Senin sore hari ini. Dia menyampaikan empat kasus yang terpapar strain baru asal Inggris ini berasal dari empat daerah berbeda.

"Sudah menemukan 4 lagi yang terkonfirmasi yaitu, satu di Palembang Sumatera Selatan tanggal 11 Januari. Satu (lagi) ada di Kalimantan Selatan tanggal 6 Januari. Satu juga di Balikpapan, Kalimantan Timur dari 12 Februari. Yang keempat, ada di Medan Sumatera Utara itu 28 Januari," ujar dia.

Budi mengatakan, keempat pasien tersebut telah dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani tes genome sequencing, namun mereka kini telah sembuh. Saat ini, pemerintah melakukan pelacakan terhadap kontak erat dari empat kasus tersebut.

"Kita sedang melakukan surveilans terhadap kontak erat mereka dan sedang kita kejar agar bisa segera dites dan di genome sequencing," tutur Budi Gunadi. 

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Update Corona Senin 8 Maret 2021

Sebanyak 6.894 orang dinyatakan positif Corona atau Covid-19. Jadi, total akumulatif di Indonesia sampai kini ada 1.386.556 orang terkonfirmasi positif Corona Covid-19.

Kemudian, ada 8.725 orang pada hari ini dinyatakan sembuh dari Corona Covid-19. Dengan begitu, total akumulatifnya sebanyak 1.203.381 orang sudah berhasil sembuh dan negatif Corona Covid-19 di Indonesia sampai saat ini.

Untuk kasus meninggal dunia bertambah 281 orang pada hari ini. Total akumulatif hingga saat ini ada 37.547 pasien Corona Covid-19 meninggal dunia di Indonesia.

Data update pasien Covid-19 ini tercatat sejak Minggu, 7 Maret 2021 pukul 12 hingga Senin 8 Maret 2021 di jam yang sama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.