Sukses

SBY: Saya Yakin Presiden Jokowi Punya Integritas Menyikapi Pendongkelan Demokrat

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta para kadernya bersabar dan berikhtiar dalam menghadapi badai yang saat ini tengah dihadapi Demokrat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta para kadernya bersabar dan berikhtiar dalam menghadapi badai yang saat ini tengah dihadapi Demokrat. 

"Bersabar dan ikhtiar untuk mendapat keadilan sejati," kata SBY dalan konferensi persnya, Jumat (5/3/2021).

SBY pun yakin Presiden Joko Widodo (Jokowi) bijaksana dalam menanggapi kisruh yang dihadapi Partai Demokrat. Dimana menurut SBY, Kongres Luar Biasa (KLB) yang dilakukan Moeldoko Cs di Deli Serdang, Sumatera Utara telah mendongkel secara paksa Ketua Umum Partai Demokrat yang sah, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Saya percaya Presiden Jokowi miiki integritas dan kearifan dalam menyikapi pendongkelan Partai Demokrat yang sah ini. Saya percaya bahwa pemerintah akan bertindak adil serta menegakkan hukum yang berlaku baik institusi kita, UUD 1945 dan UU Parpol maupun AD/ART Partai Demokrat yang secara hukum mengikat," kata dia.

Untuk itu, SBY juga mengajak semua kader Partai Demokrat yang mendukung AHY untuk bersatu dan berjuang bersama mencari keadilan.

"Dunia politik tidak indah mari rapatkan barisan di bawah komando AHY saya mengajak para kader untuk berjuang bersama, sampai keadilan benar-benar kita dapatkan di tanah Indonesia ini," kata SBY.

SBY menyebut upaya mencari keadilan ini sebagai perang. 

"Perjuangan untuk mempertahankan kedaulatan partai adalah penjuangan yang suci dan mulia. Ibarat peperangan, perang yang kita lakukan adalah perang yang dibenarkan, sebuah just war perang untuk mendapat keadilan, semoga Allah menuntun langkah kita serta memberikan pertolongan pada kita semua," tandas SBY.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetapkan Moeldoko Ketum Demokrat

Kongres Luar Biasa atau KLB Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara, telah memutuskan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum Demokrat menggantikan Agus Harimurti Yudhoyono.

Adapun Moeldoko mengalahkan mantan Sekretaris Jenderal Demokrat Marzuki Alie dalam hitung cepat atau voting.

"Memutuskan, menetapkan pertama, dari calon kedua tersebut atas voting berdiri, maka Pak Moeldoko ditetapkan menjadi Ketua Umum Partai Demokrat Periode 2021-2025," kata pimpinan sidang KLB Demokrat Jhoni Allen seperti yang disiarkan langsung KompasTV, Jumat (5/3/2021).

Saat dikonfirmasi, salah satu penggagas KLB Demokrat, Darmizal juga membenarkan Moeldoko telah ditetapkan sebagai Ketum Demokrat.

"Alhamdulillah benar (Moeldoko)," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.