Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Jakarta Selatan Capai 8,9 Persen

Oleh Mevi Linawati pada 05 Mar 2021, 14:33 WIB
Diperbarui 05 Mar 2021, 14:47 WIB
Vaksinasi Covid-19 Secara Drive-Thru
Perbesar
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 secara drive-thru kepada warga lanjut usia di area parkir Hall C JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (3/3/2021). Pelaksanaan vaksinasi drive thru bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat terutama Lansia untuk divaksin covid-19. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Realisasi vaksinasi Covid-19 dosis pertama kepada warga lanjut usia (lansia) di Jakarta Selatan hingga Kamis 4 Maret 2021 mencapai sekitar 16 ribu atau 8,9 persen dari target 179 ribu orang.

"Kami upayakan dalam satu bulan ini selesai," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Muhammad Helmi ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (5/3/2021) dikutip dari Antara.

Untuk menggenjot realisasi vaksinasi Covid-19, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan menambah fasilitas layanan kesehatan yang dapat melakukan vaksinasi bagi warga lansia.

Pemkot Jakarta Selatan menambah satu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang melayani vaksinasi untuk lansia, yakni RSUD Pasar Minggu sehingga total ada delapan RSUD.

Sedangkan di tingkat puskesmas, ada 10 titik layanan kesehatan yang melayani vaksinasi Covid-19 untuk lansia. Jumlah itu belum termasuk sejumlah titik vaksinasi lansia yang diadakan serentak di luar fasilitas layanan kesehatan.

2 dari 3 halaman

Gandeng RS Swasta

Tidak menutup kemungkinan, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan akan menggandeng rumah sakit swasta untuk melakukan vaksinasi lansia.

"Tapi karena jumlahnya banyak dan kemungkinan titiknya berubah, kami juga akan kerja sama dengan rumah sakit swasta," kata Helmi.

Di wilayah Jakarta Selatan, kata dia, ditargetkan 179 ribu warga lansia mendapatkan vaksinasi Covid-19 dalam satu bulan ini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓