Sukses

Satgas Covid-19 Tegaskan Vaksinasi Drive Thru Bukan Bentuk Komersialisasi

Selain memudahkan lansia mendapatkan vaksinasi Covid-19, layanan vaksinasi drive thru bertujuan meminimalisasi antrean lansia di fasilitas kesehatan DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Vaksinasi drive thru untuk warga lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun mulai dilaksanakan pada 3 Maret 2021 di lapangan parkir Hall C Jakarta International Expo. Layanan vaksinasi Covid-19 ini berlangsung setiap hari sejak pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, mengatakan layanan vaksinasi drive thru merupakan kerja sama Kementerian Kesehatan dengan Halodoc dan Gojek. Dia menegaskan, kerja sama ini bukan bentuk komersialisasi vaksinasi Covid-19.

"Kerja sama ini merupakan upaya untuk meningkatkan cakupan program vaksinasi di Provinsi DKI Jakarta. Dengan demikian, lansia dapat lebih mudah aman dan nyaman dalam memperoleh vaksin Covid-19," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Kamis (4/2/2021).

Selain memudahkan lansia mendapatkan vaksinasi Covid-19, layanan vaksinasi drive thru bertujuan meminimalisasi antrean lansia di fasilitas kesehatan DKI Jakarta. Wiku memastikan, program vaksinasi drive thru gratis atau tidak dipungut biaya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Juga Dilakukan di Bali

Tak hanya DKI Jakarta, layanan vaksinasi drive thru juga diterapkan di Pulau Bali. Di Pulau Dewata itu, vaksinasi drive thru diperuntukkan bagi pelaku pariwisata.

Vaksinasi drive thru gelombang pertama mulai dilaksanakan pada 27 Februari sampai 5 Maret 2021. Sedangkan gelombang kedua mulai 13 sampai 19 Maret 2021. Adapun lokasi vaksinasi drive thru di Bali Nusa Dua Convention Center.

"Program vaksinasi yang ditujukan kepada para pelaku pariwisata ini juga gratis dan diharapkan dapat mengakselerasi tercapainya kekebalan komunitas dan memulihkan sektor pariwisata di Pulau Bali," tandasnya.

Reporter: Supriatin

Sumber: Merdeka

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.